Beranda Berita Musyawarah Nasional Ikadi Akan Digelar di Depok

Musyawarah Nasional Ikadi Akan Digelar di Depok

BERBAGI
Munas Ikadi 2021

Depok, Ahad.co.id- Ikatan Dai Indonesia (IKADI) menggelar Musyawarah Nasional dengan tema Mengokohkan Dakwah Islam Rahmatan Lil’alamin dalam Bingkai NKRI. Munas 2021 sebagai ruang evaluasi pelaksanaan program dan konsolidasi organisasi secara nasional dalam kurun lima tahunan. Termasuk di dalamnya, sosialisasi perubahan AD dan ART, pemilihan Ketua Umum Ikadi Masa Bakti 2021 – 2026 dan Badan Pengurus Harian, pelantikan anggota Dewan Syuro, serta Perancangan dan penetapan Rencana Strategis kerja-kerja dakwah IKADI kedepan pada 10-12 Desember 2021 mendatang di Kota Depok.

Dalam keadaan pandemi covid 19 yang belum sepenuhnya tuntas Munas IKADI 2021 akan diselenggarakan dengan system Luring dan Daring. Untuk Pengurus Ikadi wilayah pulau Jawa akan hadir sebagai peserta luring (offline) dengan menerapkan Protokol Kesehatan Covid 19, sedang untuk Pengurus Ikadi Wilayah Luar Pulau Jawa akan mengikuti acara Munas secara daring (online) dengan total peserta sebanyak 550 orang terdiri dari 34 perwakilan Pengurus Wilayah dan 352 perwakilan Pengurus Daerah Kabupaten/Kota seluruh Indonesia.

Munas Ikadi 2021 rencananya akan dibuka oleh Bapak Wakil Presiden RI, dan ditutup oleh Bapak Menteri Agama RI, disamping akan dihadiri oleh tokoh Nasional dan Bapak Wali Kota, Depok. Di antara agenda penting pada Munas ikadi 2021 yakni pemilihan Ketua Umum Ikadi priode 2021 – 2026. Sesuai AD ART Ikadi bahwa pemilihan ketua Umum Ikadi dilakukan oleh Anggota Dewan Syuro Ikadi yang berjumlah 20 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh pengurus wilayah Ikadi. Sedang pemilihan Anggota Dewan Syuro periode 2021-2026 sudah berlangsung beberapa waktu lalu, baik penjaringan maupun sampai dengan penetapan dan pembahasan isu-isu penting keummatan dan kebangsaan, kaderisasi dan standarisasi da’i Ikadi dan faham-faham penyesetan dan penyelewengan agama serta dekadensi moral melalui kegiatan dakwah Islam yang moderat dan Rahmatan lil alamin demi persatuan dan keutuhan NKRI.

Baca juga :   Resolusi UNESCO: Kedaulatan Israel Atas Al Quds Batal Demi Hukum

Selain itu munas Ikadi juga mengadakan rangkaian acara pra-munas berupa lomba Dakwah Digital Nasional (LDDN) IKADI 2021, yaitu lomba ceramah singkat 3-5 menit yang diikuti oleh lebih dari 1000 peserta dari seluruh wilayah Indonesia, yang diselenggarakan sejak tanggal 1-30 November untuk memperebutkan hadiah total puluhan juta rupiah dan pemenangnya akan diumumkan pada saat pelaksanaan Munas, webinar Internasional IKADI 2021, dengan pembicara dari Malaysia dan Amerika dan webinar Nasional IKADI 2021, dengan pembicara Kapolri dan Panglima TNI, juga dari perwakilan ormas seperti ketua PBNU dan Muhammadiyah.