Beranda Syiar PMMD Banten Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan Selama Pandemi

PMMD Banten Ajak Warga Patuhi Protokol Kesehatan Selama Pandemi

BERBAGI

Lebak, Ahad.co.id- Kader Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) Provinsi Banten 2021 kembali menyapa warga desa dengan berbagai rencana kegiatan pengabdian meski di masa Pandemi.

“Mengawali kegiatan pengabdian pada desa, para pemuda ini membagikan masker di beberapa titik di desa-desa di Provinsi Banten, salah satunya adalah di Desa Muara, Wanasalam, Lebak,” kata salah seorang Kader PMMD Wanasalam, Widodo, Rabu (7/7/2021).

Di tengah kasus Covid-19 yang grafiknya semakin naik, Kader PMMD turut berpartisipasi mengajak masyarakat untuk menggunakan masker sebagai salah satu langkah memutus mata rantai penularan virus Covid-19.

“Pembagian masker ini sebagai usaha penyadaran kepada masyarakat akan pencegahan Covid-19 yang hingga kini belum berakhir, apalagi di kampung yang sangat minim kesadaran terhadap prokes,” imbuhnya.

Terhitung sejak 2018 silam, sekitar tiga tahun terakhir, Provinsi Banten telah turut serta menjadi bagian dari program Pemuda Mandiri Membangun Desa (PMMD) yang diinisiasi oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia.

PMMD ini melibatkan para pemuda inisiator di banyak desa untuk terlibat aktif memajukan desa melalui beragam program yang inovatif. Keseluruhan program dalam PMMD ialah mencakup peningkatan kapasitas, pelatihan kepemimpinan pemuda, kegiatan keolahragaan, serta pelestarian kearifan lokal.

Baca juga :   Rapimnas Syabab Hidayatullah Refleksi Sumpah Pemuda

Beragam kegiatan telah dilakukan, antara lain pelatihan kewirausahaan turnamen olahraga, kerjabakti di tiap desa, hingga gerakan menanam pohon di sekitar area terdampak erosi.

“Kegiatan PMMD setiap tahunnya selalu dinantikan oleh banyak pihak, termasuk masyarakat desa itu sendiri karena kerap dilibatkan dalam beragam acara tersebut,” kata Widodo.

Di masa pandemi pun, para pemuda yang menjadi inisiator desa-desa tersebut tetap aktif terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan seperti penyuluhan kesehatan mengenai menjaga imunitas di tengah pandemi, juga berkontribusi dalam pembagian masker dan hand sanitizer gratis bagi masyarakat serta pembagian sembako.

“Adanya program PMMD ini telah memberikan dampak positif bagi para pemuda inisiator desa di provinsi Banten dan juga tentu membantu menciptakan kemajuan desa-desa sasaran pelaksanaan kegiatan,” pungkasnya.