Beranda Nasional Human Initiative Luncurkan Mobile Lab PCR Test

Human Initiative Luncurkan Mobile Lab PCR Test

BERBAGI

Jakart, ahad.co.id – Kamis, (28/01/2021) menjadi salah satu hari penting dalam rangka minimalisir persebaran Covid-19 di Indonesia khususnya Ibukota Jakarta. Human Initiative berkolaborasi dengan NAMA Foundation, Pemprov DKI Jakarta, dan Ai-Lab menggelar acara launching Mobile Lab PCR Test Covid-19 Biosafety Level BSL-2.

Seperti yang dilansir detik.com pada Senin (26/01/2021), angka peningkatan kasus Covid-19 di Tanah Air sudah mencapai angka 1 juta kasus. Ini menandakan pandemi masih belum usai dan butuh terus dukungan dari berbagai pihak agar angka ini tidak semakin bertambah seiring pergantian hari. Untuk membantu hadapi masalah ini, Mobile Lab diinisiasi dapat jadi salah satu solusi untuk mengurangi risiko persebaran covid-19.

“Dengan adanya Mobile Lab PCR Test berstandar BSL-2 ini diharapkan dapat membantu para tenaga kesehatan dalam pengecekan Covid-19 di Masyarakat, dan agar mempermudah menjangkau ke Wilayah Zona Merah di DKI Jakarta.” Jelas Tomy Hendrajati, Presiden Human Initiative.

Akan ada 3 unit mobil container beserta alat-alat pendukung seperti PCR kit, seperangkat alat lab, hingga pengoperasian mobilnya. Mobile Lab berstandar BSL-2 ini merupakan yang direkomendasikan oleh World Health Organization (WHO), dan di Indonesia telah melewati sejumlah rangkaian uji coba, sehingga dinyatakan layak dan standar oleh Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta. Untuk itu, pelaksanaan acara “Serah Terima Mobile Lab PCR Test Covid-19 BSL-2” kepada Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta ini juga sekaligus menandakan bahwa Mobile Lab sudah bisa beroperasi melayani masyarakat yang membutuhkan.

Baca juga :   Forjim Siap Jalin Kerja Sama dengan Artvisi

“Untuk jangka panjang, Mobile Lab ini juga masih bisa beroperasi untuk kebutuhan laboratorium lainnya, dan yang tak kalah penting adalah ide dan desain Mobile Lab PCR Test ini merupakan Karya Anak Bangsa yaitu Ai-Labs dan Human Initiative. Oleh karena itu, semoga bantuan ini dapat menjadi salah satu kontribusi kebaikan yang berarti dan bermanfaat untuk kita semua.” Tutup Tomy Hendrajati. []