Beranda Berita Persiapan Kembali ke Pondok, Ratusan Santri Gontor Rapid Test di Bekasi

Persiapan Kembali ke Pondok, Ratusan Santri Gontor Rapid Test di Bekasi

BERBAGI

Bekasi, Ahad.co.id- Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19 menggelar Rapid Test untuk memutus rantai penularan wabah virus Korona. Upaya deteksi dini itu diikuti para santri serta mahasiswa pondok pesantren modern Gontor yang berdomisili di Kota Bekasi.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 07.30 WIB, yang berlangsung di Stadion Candrabraga, Kota Bekasi, Ahad (7/6/2020). Hadir ribuan santri dan calon santri sebagai bagian dari persiapan sebelum kembali ke pondok.

Ketua Umum Relawan Indonesia Bersatu Lawan Covid-19, Sandiaga Salahuddin Uno mengapresiasi seluruh aparatur pemerintahan Kota Bekasi serta jajaran TNI Polri dan BIN atas terselenggaranya acara tersebut.

“Saya mengucapkan terimakasih kepada pemerintah kota Bekasi juga aparat profesi TNI, Polri dan BIN kita melaksanakan rapid tes di Kota Bekasi,” ujar Sandi.

Sandi juga menuturkan, kegiatan tersebut bertujuan untuk untuk menekan jumlah angka penderita Covid-19 di kalangan pelajar. “Nah ini yang kita ingin membantu agar sebelum perjalanan mereka kembali ke Jawa Timur mereka melakukan tes,” terangnya.

“Kita berharap juga ikut mengkomunikasikan bahwa bagian dari kenormalan baru adalah kita melakukan tes yang rutin. Jadi kita ingin mengimbau kepada seluruh anggota masyarakat jangan khawatir untuk melakukan tes. Karena melakukan tes ini akan menjadi bagian keseharian kita,” tutur pengusaha muda itu menjelaskan.

Baca juga :   Selama Bulan Juli, Israel Lancarkan 140 Kali Serangan Terhadap Al Aqsa

Oleh karena itu, Sandi mengimbau kepada seluruh relawan Indonesia bersatu lawan Covid-19 untuk membiasakan salah satu daripada rutinitas kedepan adalah dengan melakukan tes tersebut.

Lebih lanjut Sandi mengatakan, bagi masyarakat yang diketahui reaktif melalui rapid tes akan ada penanganan selanjutnya yaitu tes berbasis PCR yang sudah disediakan.

“Seandainya positif berdasarkan PCR nanti akan dirujuk langsung sesuai protokol yang sudah ditetapkan di kota bekasi,” katanya.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Ketua Ikatan Pondok Pesantren Modern (IPPM) Gontor cabang Bekasi Irfan Sidik tak lupa menyampaikan apresiasi dan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan.

“Kami alumni yang tergabung dalam ikatan keluarga pondok pesantren modern Gontor cabang Bekasi sangat berterimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu pelaksanaan rapid tes masal pada hari ini,” ungkapnya.

Menurut Irfan, rapid tes masal ini digelar sebagai bentuk kepedulian dan perhatian pimpinan pondok modern gontor kepada santrinya dan bagian dari upaya untuk menekan ataupun menimbulkan risiko ketika nanti mereka kembali ke pondok.

“Ini merupakan salah satu upaya dari pondok modern Gontor untuk memastikan bahwa anak anak santri yang balik ke pondok itu semuanya dalam kondisi keadaan sehat,” paparnya. (Daniel/JP)