Beranda Berita Anies Baswedan Minta Warga Bawa Sajadah Sendiri Saat Salat Jumat

Anies Baswedan Minta Warga Bawa Sajadah Sendiri Saat Salat Jumat

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengingatkan masyarakat agar membawa sajadah atau alas sendiri untuk digunakan saat Salat Jumat guna menghindari penularan virus corona (Covid-19).

“Saat salat Jumat dan salat berjamaah di Masjid, bawalah sajadah atau sapu tangan sendiri untuk alas sujud,” kata Anies dalam rekaman suara yang diterima redaksi Ahad.co.id, Jumat (13/03/2020).

Lebih lanjut, dia juga menyitir hadis Rasulullah SAW. “Jika kamu mendengar wabah di suatu wilayah, maka janganlah kalian memasukinya. Tapi jika terjadi wabah di tempat kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu,” katanya.

Untuk itu, Anies meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan namun tetap tenang dan jangan panik.

“Tapi juga jangan menganggap enteng dan meremehkan. Karena itu selalu cuci tangan menggunakan sabun sebelum dan setelah salat Jumat,” imbuhnya.

Baca juga :   Komnas Anti Pemurtadan Gelar Multaqo Dai, Muallaf dan Kristolog

Karena kasus Covid-19 di Jakarta terus bertambah, dia juga mengimbau warga menghindari sentuhan fisik dengan orang lain. “Untuk sementara waktu, hindari jabat tangan dan cium pipi, gunakan metode lain. Untuk jamaah yang sedang flu atau batuk silakan gunakan masker,” ajak Anies.

Kepada pengurus masjid, dia berpesan agar selalu menyelipkan pesan kewaspaaan ini kepada jamaah saat memberikan pengumuman. Selain itu, pengurus masjid juga diminta menyediakan sabun di area wudhu dan meningkatkan proses pembersihan masjid.

“Ini amat penting sekali. Mari kita tingkatkan doa dan tawakal kepada Allah, semoga kita terhindar dari wabah ini,” kata Anies.

Sebelumnya, WHO telah menetapkan virus corona, Covid-19 sebagai pandemi dunia yang penyebarannya sangat cepat. Singapura hingga harus meniadakan Salat Jumat untuk mencegah penyebaran virus ini. (Hasbi)