Beranda Berita Hidayat Nur Wahid Tegaskan FPI Tak Bertentangan dengan Pancasila

Hidayat Nur Wahid Tegaskan FPI Tak Bertentangan dengan Pancasila

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Wakil Ketua MPR, Hidayat Nur Wahid mengatakan, Front Pembela Islam (FPI) bukan organisasi yang bertentangan dengan Pancasila. Justru menurutnya, Imam Besar FPI, Habib Rizieq Shihab sering bicara tentang memperjuangkan NKRI dan Pancasila.

“Berkali-kali Habib Rizieq berbicara memperjuangkan NKRI dan tidak ada wacana mengganti Pancasila,” katanya kepada awak media di Kompleks Parlemen, Senayan, Selasa (30/7/2019).

Apalagi, lanjutnya, selama ini kegiatan FPI banyak membantu rakyat, salah satunya membantu masyarakat korban bencana. “FPI selalu berada di garda terdepan membantu mereka,” kata dia.

Menurut Wakil Ketua Majelis Syuro PKS itu, Kemendagri belum perpanjang izin FPI bukan berarti menolak perpanjangan izin. Menurutnya hal biasa saja soal perpanjangan izin lima tahunan bagi organisasi masyarakat.

Baca juga :   Fahira: Ketimpangan Ekonomi Ancaman Bagi Pancasila

“Sehingga tidak perlu Kementerian Dalam Negeri membesar-besarkan persoalan izin FPI. Sementara, ormas lain tidak ditanyakan apakah sudah perpanjang atau belum,” katanya.

Dia menilai pernyataan Presiden Jokowi soal FPI sangat normatif. Menurutnya, jika tidak bertentangan jelas tidak boleh dibubarkan. Sebab ada mekanisme hukum jika ingin membubarkan FPI.

“Kalau tidak bertentangan dengan ideologi bangsa kan berarti tidak perlu dibubarkan. Apalagi kita adalah negara hukum, seluruh mekanisme pembubaran haruslah melalui mekanisme hukum yang ada di Indonesia,” pungkasnya.

Fadli Alief