Beranda Berita Masuki 2019, SPI Kembali Kaji Kiprah Buya Hamka

Masuki 2019, SPI Kembali Kaji Kiprah Buya Hamka

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id – Sekolah Pemikiran Islam (SPI) menggelar kembali rangkaian kegiatan 111 Tahun Buya Hamka di awal tahun 2019. Kegiatan yang diberi tema “Berbagi Cerita Tentang Sang Ayah Bangsa” yang sedianya terdiri dari tiga kajian di bulan Januari, seminar dua hari dan pameran di bulan Februari, serta satu daurah terpusat di bulan Maret.

Setelah sukses menggelar kajian pertamanya pada tanggal 12 Januari 2019 silam, pada hari Ahad (20/01), SPI kembali dengan kajian yang masih berkaitan dengan pemikiran Buya Hamka.

“Pada tanggal 12 Januari lalu, kami membahas peranan Hamka dalam horison sastra Indonesia. Narasumbernya adalah Zaki Faturrahman, aktivis Forum Lingkar Pena yang juga alumni SPI Jakarta, dan Pak Taufik Ismail, yang pastinya sudah tidak perlu diperkenalkan lagi,” ungkap Muhammad Fahim Ilmi, Ketua Panitia 111 Tahun Buya Hamka dalam keterangannya.

Jika sebelumnya membahas peranan Hamka dalam dunia sastra, maka pada kajian kedua yang kali ini digelar di Masjid Abu Bakar Ash-Shiddiq, Cawang, Jakarta ini, pembahasan difokuskan pada kiprah politik beliau.

“Kami memang berusaha menangkap esensi pemikiran Hamka dari berbagai segi. Memang beliau adalah ulama yang multidimensional. Selain sebagai ulama dan sastrawan, beliau juga jurnalis, politisi, pendidik, filsuf dan satu dari sedikit mufassir asli Indonesia,” ungkap alumnus SPI Jakarta yang masih berkuliah di LIPIA ini.

Baca juga :   Jamkes Watch: BPJS Kesehatan Perlu Perbanyak Layanan ICU

Kehadiran Pak Taufik Ismail dalam kajian sebelumnya menjadi daya tarik tersendiri. Aula Imam Al-Ghazali INSISTS, yang digunakan untuk acara tersebut, dipenuhi oleh para pemuda yang datang dari berbagai daerah.

“Kesuksesan pada kajian pertama itu kelihatannya berimbas langsung pada kajian kedua. Terbukti, kuota peserta untuk kajian kedua sudah terpenuhi sejak H-3, karena itu pendaftaran langsung ditutup. Bahkan banyak yang mendaftar langsung untuk tiga kajian sekaligus,” tandas Fahim lagi.

Kajian kedua dalam rangkaian kegiatan 111 Tahun Buya Hamka ini mengambil tema “Napak Tilas Keteladanan Politik Buya Hamka”. Kali ini, SPI menghadirkan Akmal Sjafril dan Dr. Tiar Anwar Bachtiar sebagai narasumbernya.

Bilal