Beranda Berita Dubes Saudi Sebut Isu Pelarangan Haji Asal Palestina Adalah Hoax

Dubes Saudi Sebut Isu Pelarangan Haji Asal Palestina Adalah Hoax

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia, Usamah bin Muhammad Abdullah Al Shuaibi membantah kabar bahwa Arab Saudi melarang jamaah haji asal Palestina. Menurut Usamah, kabar itu adalah berita bohong atau hoax.

“Salah satu yang kita bahas adalah rumor haji dari Palestina, tidak benar dan bersumber dari informasi yang tidak jelas. Maksudnya, isu soal pelarangan haji bagi satu juta jamaah haji dari Palestina. Maka kami berterima kasih, karena Muhammadiyah telah meminta kami bertabayun,” jelas Usamah saat berkunjung ke Gedung Dakwah PP Muhammadiyah, di Menteng Raya, Jakarta Pusat, Selasa (13/11/2018).

Maka dalam pertemuan dengan Muhammadiyah, lanjut Usamah, ia menyampaikan berita soal pelarangan jamaah haji asal Palestina tidak benar dan tidak bisa dipercaya, karena berita itu bersumber dari pihak Israel.

Usamah menjelaskan bahwa jumlah rakyat Indonesia sekira 220 juta dengan kuota hanya 220 ribu. Maka tidak logis berita bahwa Saudi menolak satu juta jamaah dari Indonesia, padahal penduduk Palestina hanya 7 juta.

Baca juga :   Terkait Wacana Pemanfaatan Dana Haji, Ini Syarat dari DPR

“Kuota yang diberikan adalah equal yaitu 1/1000 penduduk perbandingannya. Kuota untuk penduduk Palestina istimewa langsung hadiah dari Raja Saudi,”ucapnya.

Usamah mengungkapkan bahwa isu Palestina adalah isu seluruh umat Islam sedunia.

“Kita mengapresiasi dukungan masyarakat Indonesia untuk Palestina. Maka dari itu, kita tidak akan meninggalkan Palestina sendirian, kita akan bersama membantu rakyat Palestina,” katanya.

Usamah mengaku menyampaikan kepada PP Muhammadiyah akan pentingnya penjelasan klarifikasi terkait beragam isu.

“Karena, kami tahu media di Indonesia sangat bebas, maka dari itu klarifikasi sangat penting. Isu itu tidak benar dan dapat merugikan kita semua,” katanya.

Bilal