Beranda Syiar Buku “Islam di Yordania, Maroko dan Spanyol” Diluncurkan Melalui Publisher Online

Buku “Islam di Yordania, Maroko dan Spanyol” Diluncurkan Melalui Publisher Online

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id– Yordania, seperti negara-negara di Timur Tengah lainnya, menjadi perhatian dunia. Di negara ini tersimpan kekayaan sejarah tiga agama yang hingga kini mencuri perhatian masyarakat internasional.

Berbicara Yordania tidak cukup hanya spesifik pada regional semata, tapi dia juga erat berkaitan dengan berbagai macam hal. Berbicara Yordania berarti berbicara Islam, Kristen dan Yahudi. Tiga agama mainstream ini mewarnai perjalanan Yordania sebagai bangsa dan negara. Berbicara Yordania berarti berbicara peninggalan sejarah yang luar biasa.

Maroko dan Spanyol pun memiliki keterkaitan dengan perkembangan agama-agama, dalam hal ini Islam, dan khususnya di abad pertengahan. Islam memberikan banyak nilai bagi rakyat Maroko, salah satunya adalah pendidikan. Masuknya Islam di Maroko ditindaklanjuti dengan pembukaan kota Andalusia, sebagai pusat kekuatan Islam di Eropa kala itu. Adalah Thariq bin Ziyad yang memainkan peran penting penaklukkan Andalusia. Dia adalah seorang Maroko yang mengalami penggemblengan luar biasa hingga menjadi seorang ulama sekaligus panglima perang.

Setelah berakhirnya kejayaan Islam di Andalusia, banyak ulama Andalus saat itu yang hijrah ke daerah-daerah pesisir di Maroko dan Tunisia. Maroko pun dikenal dengan negeri para wali dan tarikat sufi. Indonesia ternyata memiliki sejarah erat dengan negeri tersebut, khususnya ketika Ibnu Batutah melakukan pengembaraan hingga Samudera Pasai.

Spanyol tidak kurang pula dengan kentalnya sejarah perkembangan Islam. Pada proses penaklukkan Spanyol, terdapat tiga pahlawan Islam yang dapat dikatakan paling berjasa memimpin satuan-satuan pasukan ke sana. Mereka adalah Tharif bin Malik, Thariq bin Ziyad dan Musa bin Nushair. Thariq bin Ziyad adalah fenomenal dan dia menjadi tokoh dalam percaturan dakwah Islam di Eropa.

Baca juga :   500 Santri TPQ Se-Jabodetabek Antusias Ikuti Indonesia Mendongeng #5

Diterbitkan melalui publisher online berkedudukan di Kanada

Buku “Islam di Yordania, Maroko dan Spanyol” karya Mohamad Fadhilah Zein diterbitkan secara indie melalui penerbit online Leanpub yang berkedudukan di Kanada. Leanpub telah melahirkan sejumlah penulis global yang mengangkat beragam tema.

Sebagai mantan jurnalis televisi nasional, Mohamad Fadhilah Zein memiliki kegemaran menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk tulisan. Sejumlah tulisan opini bertebaran di berbagai media massa cetak maupun online. Ayah dua anak ini menulis tentang jurnalisme, teknologi informasi, agama hingga pertahanan negara.

Untuk membaca karyanya tersebut, visitor bisa mengunjungi laman https://leanpub.com/islamdiyordaniamarokodanspanyol. Pengunjung bisa membeli buku digital ini seharga 10 dollar AS melalui pembayaran kartu kredit ataupun paypal. Pengunjung akan dibimbing terkait pembayaran di laman leanpub.com.

Hasbi Syauqi