Beranda Berita Semarakkan Asian Games, Arab Saudi Buka Pameran Budaya di Jakarta

Semarakkan Asian Games, Arab Saudi Buka Pameran Budaya di Jakarta

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Komite Olimpiade Arab Saudi dan Otoritas Budaya Umum Saudi Saudi House. Pameran kebudayaan berskala besar ini resmi dibuka bersamaan dengan ajang Asian Games ke-18 di Jakarta.

Menempati area seluas 4500 m2, Saudi House dapat dikunjungi gratis oleh masyarakat. Saudi House merupakan festival untuk merayakan keragaman kebudayaan Arab Saudi.

Acara ini dilaksanakan dari tanggal 19-22 dan 24-28 Agustus, di Restoran Pulau Dua, Senayan, tak jauh dari Stadion Gelora Bung Karno. Demikian tulis keterangan pers yang diterima Ahad.co.id, Senin (20/8/2018).

Selama pameran kebudayaan berlangsung, kekayaan budaya Saudi menjadi daya tarik utama. Kebudayaan itu ditunjukan melalui seni visual, seni pertunjukan, musik, dan kuliner.

Tarian rakyat tradisional dan pertunjukan musik yang diadakan setiap hari menampilkan berbagai instrumen musik seperti Al Oud dan Aldaff, juga menjadi daya tarik pameran. Pameran Saudi House juga merayakan perjalanan bersejarah Kerajaan Saudi Arabia.

Ada enam paviliun dengan tema yang berbeda akan menyambut dan memukau para pengunjung:

– Paviliun Tanah Suci: Paviliun ini akan memberikan pengalaman mengunjungi Mekkah dan Madinah, dua kota yang menjadi rumah bagi tanah suci akan memberikan kesan yang luar biasa bagi para pengunjung.

– Paviliun Zamzam: Air Zamzam (Air Suci Umat Islam) yang dibawa langsung dari Kota Suci Mekkah, juga tersedia untuk dinikmati.

Foto: istimewa

– Paviliun Kebudayaan: Di dalam paviliun ini, warisan kaya Kerajaan Arab Saudi akan ditampilkan bersama dengan koleksi busana tradisional yang terinspirasi dari berbagai jenis kain tradisional, sulaman, pola, dan desain. Pengunjung dapat mengikuti workshop henna tradisional, yang merupakan sebuah metode lukisan geometrik yang rumit, umumnya dipakai pada saat pernikahan atau perayaan tertentu. Selain itu pengunjung juga dapat belajar dan mendalami seni kaligrafi Arab.

Baca juga :   KBRI Amman Imbau WNI Tunda Kunjungan ke Palestina

– Paviliun Kurma Saudi: Pengunjung dapat melihat lebih dari 100 jenis koleksi kurma dan mencicipi beragam kurma terkenal Kerajaan Arab Saudi yang dibawa langsung dari wilayah Al-Qaseem.

– Paviliun Kuliner Saudi: Pengunjung akan dibawa mengikuti sebuah perjalanan yang menarik dan membangkitkan selera, serta dapat mencicipi dan menikmati makanan tradisional Kerajaan Arab Saudi dan kopi Arab yang terkenal.

– Paviliun Olimpiade Arab Saudi: Berisi sejarah partisipasi Arab Saudi dalam Asian Games dan Olimpiade, serta menyoroti prestasi yang telah ditorehkan para atlet Saudi.

Sebuah tenda gurun raksasa dimana para Majlis biasa berkumpul didirikan di bagian tengah pameran di depan panggung utama yang akan menampilkan tarian rakyat dan pertunjukan musik.

Saudi House akan meningkatkan hubungan antara masyarakat Republik Indonesia dan Kerajaan Arab Saudi serta mempertajam hubungan bilateral yang selama ini terjalin kuat.

Hal tersebut juga ditunjukkan saat masyarakat Indonesia menyambut hangat kunjungan Raja Salman ke Indonesia pada tahun 2017. Dengan ditampilkannya kekhasan budaya Arab Saudi yang luar biasa, semakin memperkuat komitmen dalam memperkuat ikatan dan solidaritas antar kedua negara.

Saudi House terbuka gratis untuk umum mulai pukul 14.00-22.00 WIB. Layanan antar-jemput gratis juga tersedia dari Stasiun Palmerah, Stasiun Sudirman dan Stadion Gelora Bung Karno.

Dudy S.Takdir