Beranda Ekonomi Begini Keceriaan Anak-Anak Pengungsi Lombok Sambut Hari Kemerdekaan

Begini Keceriaan Anak-Anak Pengungsi Lombok Sambut Hari Kemerdekaan

BERBAGI

Lombok Utara, Ahad.co.id– Suasana pada Jumat (17/8) pagi di Posko Kemanusiaan ACT yang berlokasi di Dusun Tanak Song, Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung, Lombok Utara tampak ramai. Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun ke-73 Republik Indonesia ini, Aksi Cepat Tanggap (ACT) turut menghadirkan momen perayaan hari kemerdekaan Indonesia di Lombok.

Upacara 17 Agustus diselenggarakan, dengan merangkul anak-anak di kamp pengungsian Dusun Tanak Song. Selain upacara, relawan ACT mengajak para pengungsi anak untuk mengikuti permainan khas perayaan HUT RI dan bernyanyi.

Puluhan anak berbaris rapi sambil bercanda ria di tengah tanah lapang. Mereka bersiap mengikuti upacara peringatan HUT ke-73 RI yang jatuh pada tanggal 17 Agustus. Upacara dipandu oleh Tim Relawan Trauma Healing ACT yang beranggotakan 6 orang relawan.

Baca juga :   PN Cibinong Vonis Bebas Pembawa Anjing Masuk Masjid

Anak-anak di kamp pengungsian tersebut terlihat bersemangat menyemarakkan hari kemerdekaan Indonesia. Keceriaan itu berpendar, meskipun perayaan tujuh belasan ini dilakukan di antara puing-puing rumah mereka yang hancur.

“Walaupun kita habis dilanda musibah, kita harus tetap bersyukur pada Allah. Kita masih diberi nikmat dan kesempatan oleh Allah untuk ikut melaksanakan upacara kemerdekaan Indonesia hari ini. Kita harus tetap bahagia ya, jangan lupa bersyukur bagaimanapun kondisi kita,” tutur Kepala Dusun Tanak Song saat menyampaikan amanat upacara.

Seperti upacara tujuh belasan pada umumnya, peserta upacara cilik ini diajak menyanyikan lagu ‘Indonesia Raya’ dan ‘17 Agustus 1945’ bersama-sama. Suara serak mereka melengking bertenaga. Bulatan mata mereka tampak berbinar, menghangatkan siapa saja yang melihat pemandangan pagi ini di posko pengungsian.