Beranda Berita Penandatanganan MOU Dapur Qurban Jakarta “Semua Bahagia Menikmatinya”

Penandatanganan MOU Dapur Qurban Jakarta “Semua Bahagia Menikmatinya”

BERBAGI
Foto : Dokumentasi Aksi Cepat Tanggap

Jakarta, Ahad.co.id– Hari raya Iduladha hanya tinggal beberapa pekan lagi. Dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat, Aksi Cepat Tanggap dan Pemprov DKI Jakarta kembali berkolaborasi dalam program yang bertepatan dengan hari raya Iduladha. Dapur Qurban Jakarta “Semua Bahagia Menikmatinya” hadir sebagai program yang diharapkan dapat membantu masyarakat kurang mampu di pemukiman padat dan masyarakat miskin di Jakarta. Upaya dan kolaborasi ini akan dimulai hari ini, Senin (13/8) Global Qurban – Aksi Cepat Tanggap (ACT) dan Pemprov DKI Jakarta dengan mantap, dan secara resmi memulai ikhtiar momentum Iduladha dalam realisasi penandatanganan MOU Dapur Qurban Jakarta di Balaikota DKI Jakarta.

Program yang diinisiasi oleh Aksi Cepat Tanggap ini akan berlangsung selama hari tasyrik yang jatuh pada tanggal 23-25 Agustus 2018 menargetkan 1.000 ekor sapi dapat diolah menjadi hidangan daging gurih. Program ini, dapat menjadi momen untuk menebarkan kebaikan kepada sesama di hari raya.

Dapur Qurban Jakarta merupakan program turunan dari Global Qurban yang sudah berlangsung selama 8 tahun. Tahun ini merupakan tahun pertama diselenggarakannya Dapur Qurban Jakarta. Ke depannya Aksi Cepat Tanggap dan Pemprov DKI akan terus mensosialisasikan kepada seluruh warga Jakarta dan Aparatur Sipil Negara (ASN) agar terlibat aktif dalam program ini dengan membeli hewan kurban di Global Qurban.

Saat ini, satu ekor kambing dibandrol dengan harga Rp 1,7jt, dan untuk satu ekor sapi seharga Rp 11,9jt. Terkait info dan penawaran Global Qurban lainnya, ACT menyediakan booth-booth hampir di seluruh kantor pemerintahan tingkat provinsi dan kotamadya. Hal itu dilakukan dalam rangka mepermudah warga dan ASN untuk memperoleh informasi mengenai Global Qurban. Masyarakat juga bisa langsung mengunjungi situs resminya di GlobalQurban.com.

Kolaborasi ini bukan kali pertama, sebelumnya Aksi Cepat Tanggap dan Pemprov DKI Jakarta melangsungkan program Buka Bersama Jakarta Bahagia (BBJB) yang berlangsung selama bulan Ramadhan 1439 H. Program tersebut dirasakan langsung oleh masyarakat, respon yang positif dan upaya yang optimal berhasil membuahkan kebahagiaan bagi 141.360 penerima manfaat. Kini, Dapur Qurban Jakarta “Semua Bahagia Menikmatinya” hadir menjadi salah satu inisiatif besar demi kemaslahatan rakyat di hari Raya Iduladha.

Baca juga :   Indonesia Harus Serius Garap Industri Halal

Berangkat dari pengalaman bahagia di BBJB, momentum itu kembali dihadirkan di Dapur Qurban Jakarta – Aksi Cepat Tanggap (ACT). Dapur Qurban siap mendistribusikan olahan daging kurban dalam bentuk hidangan lezat untuk warga. Sekitar 121 RW di seluruh wilayah di DKI Jakarta akan menjadi target distribusi hidangan lezat gurihnya daging qurban. Selama tiga hari masa pelaksanaan Dapur Qurban Jakarta, sedikitnya 150 ekor sapi akan dipersiapkan.

Sapi-sapi tersebut didatangkan dari Sumbawa, Nusa Tenggara Barat menggunakan kapal ternak yang diimplementasikan dalam program Kapal Qurban. Sehingga penerima manfaat atas program ini bukan hanya warga Jakarta saja, para peternak lokal di Nusa Tenggara Barat pun menerima manfaatnya. Seluruh sapi yang datang akan dicek kondisi kesehatanya, langsung oleh Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian. Sekitar 400 ekor sapi yang saat ini sudah tersedia, 100 ekor sapi di antaranya akan dialokasikan untuk korban bencana alam gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat. Sedangkan, 300 ekor sapi lainnya akan dibawa menuju Jakarta menggunakan Kapal Qurban – ACT. Ahad (19/8) Kapal Qurban diperkirakan akan berlabuh di Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara.

Dapur Qurban Jakarta akan hadir di 43 titik di seluruh wilayah Ibukota. Selain pendistribusian hidangan daging gurih yang siap santap, pada 23 Agustus 2018 akan ada program makan bersama di Dapur Qurban Jakarta bersama Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Sekitar 2.000 paket daging gurih akan dihidangkan dan disantap bersama. Pak Anies dan jajarannya, beserta seluruh warga akan duduk di satu tempat yang sama, menikmati hidangan yang sama tanpa pembeda. Sama-sama daging yang gurih, sama-sama daging yang nikmat.

Ahmad Royyan