Beranda Berita Posko Medis ACT Siaga di Tengah Al-Awdah March

Posko Medis ACT Siaga di Tengah Al-Awdah March

BERBAGI
Dokumentasi ACT

Gaza, Ahad.co.id- Tanah gersang dan panasnya terik matahari tak meredamkan semangat warga Gaza yang berapi-api. Puluhan ribu manusia turut memadati luasnya tanah perbatasan di Khan Younis, sebelah Timur Gaza.

Bukan tanpa tujuan, mereka memiliki tekad untuk menuntut agar dunia tahu bahwa selama ini tanah Palestina telah direnggut paksa oleh Zionis Israel. Aksi bertajuk Al-Awdah March telah berlangsung setiap pekannya, berulang di tiap Jumat berturut-turut.

“Misi dalam aksi ini adalah mengajak seluruh umat dunia berdiri bersama kami untuk mendapatkan kebenaran dan hak kami dari Israel,” ujar Faqar, salah satu peserta aksi.

Memasuki minggu ke-5, warga Gaza kembali menggerakkan aksi besar Al-Awdah March. Korban jiwa pun kembali jatuh pada Jumat kemarin. Melansir dari Kementerian Kesehatan Palestina, aksi besar di batas Gaza itu telah mengakibatkan 4 korban tewas dan sedikitnya 950 orang terluka.

Baca juga :   21 Pengungsi Rohingya di Bangladesh Meninggal Akibat Difteri

Posko Medis, upaya Indonesia menyelamatkan warga Gaza

Pertumpahan darah terjadi lagi dan lagi. Sejak pekan pertama, Jumat (30/3), selalu ada korban syahid di tanah perbatasan Gaza dan Israel tiap pekannya. Upaya memperjuangkan kedamaian tak kunjung disambut baik. Zionis justru tak berhenti melawan protes warga Gaza dengan peluru-peluru tajam.

Di posko medis darurat yang berada tak jauh dari lokasi aksi, beberapa peserta aksi dilarikan dengan tergopoh-gopoh. Luka dan kucuran darah terlihat di beberapa bagian tubuh mereka. Raungan pasien dewasa dan tangisan anak memenuhi seisi tenda medis tersebut, berpadu dengan sirine ambulans di luar tenda.