Beranda Headline Indonesia Leader Forum; Siapa Presiden 2019?

Indonesia Leader Forum; Siapa Presiden 2019?

BERBAGI

Tony Rosyid
Pengamat Politik dan Pemerhati Bangsa

Ahad.co.id- Setelah ILC sukses di TV One, kini muncul Indonesia Leader Forum ((ILF). Inisiator dan hostnya Bachtiar Nasir. Mantan ketua GNPF MUI yang sekarang didaulat menjadi ketua Majelis Pelayan Indonesia (MPI). Seorang tokoh reformis yang dikenal kritis terhadap penguasa.

Kalau ILC lewat media mainstream, maka ILF mengambil saluran tv kabel dan media sosial. TVMU dan Saling sapa TV diantaranya.

Edisi pertama menghadirkan Anies Baswedan, Anis Matta, Fadli Zon dan Muhaimin Iskandar. Yusril Ihza Mahendra sedianya hadir, tapi berhalangan.

ILF juga menghadirkan para panelis; Muhammad Zaitun Rahmin (Ketua Harian MPI), Anwar Abbas (Sekjen MUI), Tiar Anwar (Sejarawan), Jazir (Dosen Pasca Sarjana UGM), dan Tony Rosyid (Pengamat Politik). Dan tema perdana yang diangkat “Sejarah Pergerakan Islam dan Mas Depan Bangsa.

Baca juga :   Perhimpunan Al-Irsyad Nilai Penegakan Hukum Tebang Pilih

Bachtiar Nasir mengawali diskusi dengan narasi: umat saat ini sedang gelisah. Mereka ingin menghadirkan pemimpin yang penuh integritas untuk bangsa Indonesia.

Kegelisahan ini dipicu diantaranya oleh sikap ketidakadilan rezim kepada umat. Bagaimana ikhtiar mengubah sejarah ketidakadilan ini?

Anies Baswedan menjawab pertanyaan Bachtiar Nasir. Bahwa memahami dan menguasai sejarah itu penting. Tapi yang lebih penting adalah membuat sejarah. Karenanya, diperlukan peran dan kontribusi yang lebih besar agar berdampak pada keadilan.

Tugas pemimpin, menggunakan otoritasnya untuk mengatasi ketimpangan. Sebab, ketimpangan adalah masalah utama bangsa Indonesia. Caranya? Membesarkan yang kecil agar menjadi besar. Dan orang-orang kecil itu mayoritas umat Islam, karena penduduk Indonesia 87% beragama Islam. Sehingga terjadi keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia. Ini kiblat bangsa yang tertera dalam konstitusi negara. Yaitu memajukan kesejahteraan umum