Beranda Berita Rizal Ramli dan ‘Deklarasi Belah Duren’

Rizal Ramli dan ‘Deklarasi Belah Duren’

BERBAGI

Oleh Edy Mulyadi
Direktur Program Centre for economic and Democracy Studies (CEDeS)

AHAD.CO.ID- Tidak ada spanduk, backdrop, apalagi baliho dan umbul-umbul. Siang tadi, Senin, 5 Maret 2018, suasananya benar-benar biasa saja. Pintu pagar kayu selebar kurang lebih 10 meter dan tinggi lebih dari 2 meter juga biasa saja. Tidak ada secuil pun pemberitahuan apalagi atribut yang menempel di situ. Semuanya tampil biasa saja, seperti hari-hari lain yang telah lewat.

Suasana agak berbeda baru terasa di halaman belakang rumah yang berlokasi di Jl Bangka IX no 49R. Di atas rerumputan yang menghampar lumayan luas, ada sekitar 40 kursi lipat yang disusun melingkar. Susunannya tidak bulat betul, karena di salah satu sisinya ada meja bundar dari marmer dengan garis tengah 1,2 meter.

Baca juga :   Zakir Naik: Muslim Harus Kuasai Kitab Agama Lain

Nah, di salah satu kursi lipat itulah tuan rumah Rizal Ramli duduk. Mengenakan kemeja warna merah dibalut celana jeans biru, ekonom senior itu menyatakan niatnya maju di ajang Pilpres 2019. Karuan saja awak media segera menyambar pernyataannya itu sebagai berita. Maka, hanya dalam hitungan menit, obrolan santai di halaman belakang yang asri dengan pepohonan mangga, rambutan, sukun, dan pisang itu pun menjadi viral di jagad maya.

“Saya siap memimpin Indonesia agar lebih baik, lebih adil, dan lebih sejahtera,” ujar Menko Perekonomian era Gus Dur ini, kalem. Ada tekanan dan tenaga dari kalimat pendek itu. Rizal Ramli mengucapkannya dengan tempo sedang, seolah-olah dia ingin setiap orang yang hadir di situ mendengar tiap jeda kata-katanya dengan clear.