Beranda Headline Bandung Lautan Kajian, Sinyal Kebangkitan Islam dari Bumi Parahyangan

Bandung Lautan Kajian, Sinyal Kebangkitan Islam dari Bumi Parahyangan

BERBAGI
Sumber gambar: islami.co

Oleh: Muhamad Rikiansyah, S.Ikom

“Saya pikir hanya di Tripoli orang semangat menunaikan salat sampai ke trotoar, bahkan sampai ke jalanan. Ternyata hari ini saya melihat lebih daripada itu. Orang berdesak-desakan dalam masjid hingga jamaah salat maghrib pun terpaksa dibagi 2 bagian. Saya tidak dapat mengungkapkan apa-apa dan hanya bisa memohon kepada Alloh agar kekuatan iman ini tetap terjaga. Semoga ini pertanda terbaik yang mengirimkan sinyal kepada dunia bahwa kebangkitan Islam dimulai dari bumi pertiwi ini”, ujar Ustaz Adi Hidayat, Lc di hadapan jamaah Masjid Agung Trans Studio Bandung (TSB) beberapa waktu yang lalu.

Ucapan Ustaz Adi Hidayat, Lc tersebut bukanlah tanpa alasan. Hari itu jamaah Masjid Agung TSB membludak hingga ke trotoar dan area parkir sekitaran masjid. Fenomena seperti ini tidak hanya terjadi di Masjid Agung TSB, masjid-masjid lain di Kota Bandung pun mengalami hal yang sama. Penuhnya jamaah ceramah umum atau kajian di beberapa masjid di Kota Bandung ini sudah berlangsung hampir dua tahun terakhir.

Baca juga :   Turki Hancurkan Dua Pesawat Rezim Assad

Fenomena diawali dari Masjid Daarut Tauhid (DT) yang didirikan oleh ustaz kondang, KH. Abdullah Gymnastiar. Dalam setiap kajiannya, Masjid DT berhasil menyedot ribuan jamaah dari dalam dan luar kota. Jamaah yang sebagian besar anak-anak muda ini meluber hingga ke jalan dan pertokoan sekitar masjid. Dengan tidak mengesampingkan kajian rutin yang dilakukan masjid-masjid besar di Kota Bandung seperti Masjid Raya Bandung, Masjid Pusdai, Masjid Al-Ukhuwah, Masjid Habiburrahman, dan Masjid Istiqomah, fenomena Masjid DT memang belum bisa diikuti masjid lain untuk kajian rutin kala itu.