Beranda Berita Presiden Jokowi Lantik Panglima TNI Baru, Marsekal Hadi Tjahjanto

Presiden Jokowi Lantik Panglima TNI Baru, Marsekal Hadi Tjahjanto

BERBAGI
Dokumentasi Setkab

Jakarta, AHAD.CO.ID- Marsekal Hadi Tjahjanto resmi dilantik menjadi Panglima TNI usai dilantik oleh Presiden Joko Widodo di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (8/12).

Sejumlah menteri kabinet kerja turut hadir, seperti Mendagri Tjahjo Kumolo, Menlu Retno Marsudi, Menteri KKP Susi Pudjiastuti, Mensos Khofifah Indar Parawansa, Menko Maritim Luhut Binsar Pandjaitan dan menteri lainnya.

Sejumlah pimpinan TNI termasuk Jenderal Gatot Nurmantyo juga turut hadir dalam pelantikan tersebut. Petinggi Polri hingga Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga turut hadir dalam pelantikan Hadi Tjahjanto.

Upacara pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya. Upacara tersebut juga sekaligus sebagai upacara pemberhentian Jenderal Gatot Nurmantyo secara hormat. Upacara pengambilan sumpah sendiri dilakukan secara Islam.

Baca juga :   MUI Tak Diajak Bicara Soal Pemotongan Gaji ASN untuk Zakat

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya untuk diangkat pada jabatan ini baik langsung maupun tak langsung, akan menjunjung tinggi sumpah prajurit,” ucap Jokowi yang diikuti oleh Hadi Tjahjanto.

Marsekal Hadi Tjahjanto yang menjabat Kepala Staf Angkatan Udara ditunjuk Presiden Jokowi jadi calon tunggal Panglima TNI. Komisi I DPR pun sudah selesai menguji kelayakannya dan setuju jika Hadi jadi panglima.

FADLI ALIEF | DANIEL AMRULLAH