Beranda Berita Praperadilan Jonru Ditolak, Polda Metro Siap Lanjutkan Proses

Praperadilan Jonru Ditolak, Polda Metro Siap Lanjutkan Proses

BERBAGI
Ist

Jakarta, AHAD.CO.ID- Hakim tunggal Lenny Wati Mulasimadhi menolak seluruh permohonan praperadilan Jon Riah Ukur alias Jonru. Hakim menolak seluruh permohonan Jonru, untuk itu proses penyidikan dinyatakan sah.

“Mengadili menolak permohonan praperadilan dari pemohon untuk seluruhnya,” kata Lenny membacakan putusan di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel), Jalan Ampera Raya, Jakarta Selatan, Selasa (21/11).

Lenny menolak permohonan Jonru yang mengatakan tidak ada proses gelar perkara. Sebab menurut Lenny, dari bukti yang dilampirkan tim kuasa hukum Polda Metro Jaya terdapat bukti gelar perkara yang dihadiri sejumlah penyidik dan diikuti adanya saran dari beberapa orang.

“Tentang penetapan tersangka tanpa ada gelar perkara. Menimbang termohon I telah melakukan gelar perkara seperti yang ada di bukti tanggal 28 September 2017 disertai lembar saran pendapat dari 7 orang. Bahwa terdapat bukti berupa sprindik Ditreskrimsus diperintahkan ke untuk melakukan penyidikan. Dengan dikeluarkannya surat perintah penangkapan pada hari itu juga ditetapkan jadi tersangka sehingga dalil pemohon harus ditolak,” kata Lenny.

Baca juga :   Selama Ramadan, Tempat Hiburan Malam di Yogyakarta Wajib Tutup

Sementara itu, seperti dikutip dari detik.com, Selasa (21/11) kuasa hukum Jonru, Sulistyowati, mengatakan kecewa karena hakim tidak mempertimbangkan alasannya mengajukan permohonan. Apalagi hakim juga mempertimbangkan tiga ahli termohon yang sempat ditolak kesaksiannya karena tidak membawa surat tugas dari institusinya. Menurutnya keterangan ahli yang sah bukanlah di BAP tetapi yang di muka persidangan.

“Tiga saksi yang tertolak dengan alasan pernah disumpah dijadikan pegangan. Nah ini adalah ketidakpuasan artinya ada hal yang menurut kami tetap mengganjal, tapi apapun itu kita tetap menghargai adanya proses persidangan ini, bahwa hakim sudah memutuskan tentang praperadilan kami ditolak kita sudah berikhtiar, tetapi ada beberapa hal yang menjadi cacatan kita itu,” ujar Sulistyowati.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Bidang Hukum Polda Metro Jaya Kombes Agus Rohmat mengatakan masih menunggu berkas Jonru di Kejati DKI dinyatakan lengkap untuk segera dilimpahkan ke persidangan.

FADLI ALIEF | DANIEL AMRULLAH