Beranda Berita Pemerintahan Persatuan Palestina Diharap Segera Berfungsi

Pemerintahan Persatuan Palestina Diharap Segera Berfungsi

BERBAGI

Ramallah, AHAD.CO.ID- Presiden Otoritas Palestina Mahmud Abbas mengatakan, gerakan Fatah dan Hamas akan menggelar pertemuan penting di Kairo pekan depan untuk membahas detail masalah agar pemerintah konsensus nasional Palestina bisa melaksanakn tugas dan fungsinya dengan bebas di Jalur Gaza.

Hal tersebut disampaikan Abbas dalam pertemua Dewan Revolusi Gerakan Fatah di Ramallah, Kamis (5/10) malam. “Pertemuan Kairo juga akan membahas langkah-langkah untuk berjalan ke depan dalam rangka menghapus lembaran perpecahan dan untuk penyatuan tanah air yang satu. Kami berangkat ke sana dan semua kami bertekad untuk menyukseskannya dan mewujudkan langkah-langkah nyawa pada level ini,” katanya.

Abbas kembali menegaskan pihaknya menyambut baik upaya Mesir untuk mengakhiri perpecahan, karena isu Palestina adalah isu sentral dan penting bagi keamanan nasional Mesir. Dia menyatakan bahwa semua bantuan yang akan diberikan ke Gaza harus melewati pemerintah konsensus nasional sebagai penguasa wilayah Palestina.

Baca juga :   Aleg PKS Minta Pemerintah Lebih Sigap Tangani Corona

Dia menyatakan, langkah Hamas menyetujui pembubaran Komite Administratif yang dibentuknya di Jalur Gaza, kepergian pemerintah konsensus ke Jalur Gaza dan persetujuan untuk melaksanakan pemilu, merupakan jalan yang benar untuk mewujudkan persatuan nasional yang dibutuhkan, karena persatuan nasional adalah dasar berdirinya negara Palestina merdeka.

Dalam konteks lain, Abbas menyebut bergabungnya Palestina ke interpol merupakan kemenangan hakiki dari keberhasilan-keberhasilan diplomatik Palestina di forum internasional, yang dimulai dengan bergabungnya Palestina ke Majlis Umum PBB pada tahun 2011 lalu.

PALINFO | DANIEL AMRULLAH