Beranda Berita Usamah Hisyam: Negara Tak Boleh Dipisahkan dari Ajaran Agama

Usamah Hisyam: Negara Tak Boleh Dipisahkan dari Ajaran Agama

BERBAGI
Ketua Umum Parmusi, Usamah Hisyam/pikiranumat.com

Jakarta, AHAD.CO.ID- Ketua umum Persaudaraan Muslimin Indonesia (Parmusi) Drs. H. Usamah Hisyam menegaskan negara tidak boleh dipisahkan dari ajaran-ajaran agama. Menurutnya akan terjadi kekacauan jika negara dipisahkan dari ajaran agama.

“Dalam konteks Indonesia, Negara tidak boleh dipisahkan dari ajaran-ajaran Islam sebagai agama yang rahmatan lil alamin, rahmat bagi semua alam,” kata Usamah dalam acara Milad ke-18 Parmusi di TMII, Jakarta Timur, Selasa (26/9).

Ideologi yang menjadi dasar Negara, yakni Pancasila, bersumber dari pemikiran nilai-nilai religius yang dikembangkan oleh para ulama dengan menempatkan Ketuhanan Yang Maha Esa sebagai ruh daripada sila-sila lainnya.

Baca juga :   Menlu Qatar: Daftar Teroris yang Dikeluarkan Saudi CS Tidak Berdasar

“Ketuhanan yang Maha Esa yang ditempatkan teratas sebagai sila pertama, sekaligus merupakan kalimat tauhid Illallah, menjadi ruh atau sumber segala sumber nilai yang menyemangati dan melandasi sila-sila berikutnya,” jelasnya.

Lebih lanjut Usamah juga menyatakan, jika ada kelompok yang hendak menyudutkan umat Islam Indonesia seakan-akan intoleran, anti Pancasila, dan anti bhineka tunggal ika, itu adalah fitnah.

“Karena fakta sejarah menunjukkan: justru ummat Islam Indonesia yang mampu mewujudkan dan menjunjung tinggi toleransi kehidupan antar umat beragama, dan menghormati nilai-nilai yang terkandung dalam bhineka tunggal ika,” katanya.

DUDY S TAKDIR