Beranda Berita Dana Jamaah First Travel Digunakan untuk Beli Restoran Mewah dan Jalan-Jalan

Dana Jamaah First Travel Digunakan untuk Beli Restoran Mewah dan Jalan-Jalan

BERBAGI
Bos biro umrah Fisrt Travel yang menjadi tersangka penipuan jamaah/Ist

Jakarta, AHAD.CO.ID- Dari hasil penelusuran terhadap aliran rekening First Travel, Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menemukan adanya aliran dana untuk membeli restoran di Inggris.

“Ya ada, memang ada yang dia belikan restoran dan ada yang dalam bentuk kartu kredit,” kata Ketua PPATK, Kiagus Ahmad Badaruddin kepada awak media di Jakarta, Kamis (24/8).

Sebelumnya ramai diberitakan, pemilik First Travel, Andika Surachman dan istrinya, Anniesa Hasibuan diketahui memiliki sebuah restoran yang terletak di kawasan elit Inggris. Aset yang dibeli pada 2016 tersebut diperkirakan bernilai Rp 15 miliar.

Baca juga :   Mossad Disinyalir Terlibat Penembakan Ilmuwan Palestina di Malaysia

Lebih lanjut Kiagus juga menjelaskan, dana yang dimiliki First Travel mencapai triliunan dihitung sejak 2011. Dana yang terkumpul itu dialokasikan untuk beberapa hal. Sebagian kecil untuk keperluan jamaah, sisanya untuk membeli aset seperti tanah, mobil, dan rumah.

Selain itu, dana juga dipakai untuk jalan-jalan ke beberapa negara. “Bahkan dana jalan-jalan ke London, Amerika, misalnya dari dana yang sama,” ujarnya.

DAMAR AH | DANIEL AMRULLAH