Beranda Berita Tim Hukum Ustaz Alfian Tanjung Ajukan Penangguhan Penahanan Kepada Hakim

Tim Hukum Ustaz Alfian Tanjung Ajukan Penangguhan Penahanan Kepada Hakim

BERBAGI
Ustaz Alfian Tanjung/Ist

Jakarta, AHAD.CO.ID- Persidangan Ustaz Alfian pada agenda dakwaan pekan lalu (16/8) dipenuhi oleh masyarakat Jawa Timur dari berbagai kabupaten dan kota. Bukan saja padat di ruangan sidang, bahkan PN Surabaya dibanjiri pendukung Ustaz Alfian sampai ke gerbang luar.

Kehadiran masyarakat dalam persidangan sebagai bentuk dukungan kepada Ustaz Alfian untuk istiqomah melawan kebangkitan PKI dan Komunisme di Indonesia. Beragam pembelaan dilakukan di dalam dan di luar ruang persidangan. Penasehat Hukum Ustaz Alfian mengajukan Penangguhan Penahanan kepada Majelis Hakim secara lisan usai pembacaan dakwaan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

“Kami di sini mengajukan Penangguhan Penahanan kepada Majelis Hakim secara lisan, kami berharap pekan depan (23/8) Majelis Hakim juga sudah dapat memberikan jawaban,” kata Dr. Sulistyowati, S.H., M.H., anggota tim advokasi yang juga saat ini memangku Ketua Prodi Ilmu Hukum Pascasarjana Universitas Tama Jagakarsa (16/8).

Pada hari jumat (18/8) Tim Advokasi di Surabaya yang diwakili oleh Dr. Subagyo Eko Prasetyo, S.H., M.H., sudah mengajukan surat Penangguhan Penahanan dan telah diterima oleh Bagian Umum PN Surabaya.

Baca juga :   Forum Dakwah Perbatasan Aceh Gelar Daurah Safar Untuk Remaja

Pada persidangan kedua yaitu Pembacaan Eksepsi (23/8) Tim Advokasi akan menyampaikan langsung salinan surat Penangguhan Penahanan tersebut kepada Majelis Hakim.

“Guna memberikan pembelaan terhadap Ustaz Alfian, kami secara maksimum telah menyiapkan Keberatan Hukum (Eksepsi) untuk sidang kedua ini tanggal 23 agustus 2017 pkl.10.00. kami tidak saja akan membacakan Eksepsi tapi juga sekaligus mengajukan salinan surat Penangguhan Penahanan kepada Majelis Hakim yang telah kami daftarkan ke Bagian Umum PN Surabaya, semoga saat itu juga Hakim mengabulkan,” harap Al Katiri usai rapat Tim Advokasi Ustaz Alfian di Kantor AQL Center Tebet Jakarta Selatan (20/8).

Koordinator Tim Advokasi Ustaz Alfian Tanjung, Abdullah Al Katiri menyampaikan pengajuan Penangguhan atau Pengalihan Penahanan ini adalah hak Terdakwa sebagaimana diatur dalam Pasal 22 dan Pasal 23 KUHAP.

“Walaupun Ustaz Alfian saat ini sedang dalam masa tahanan Jaksa tetapi Penangguhan Penahanan bisa diberikan berdasarkan penetapan Hakim,” katanya.

DAMAR AH | DUDY SYA’BANI TAKDIR