Beranda Syiar Rumah Zakat Bantu Pertumbuhan Ekonomi Penyadap Gula Aren

Rumah Zakat Bantu Pertumbuhan Ekonomi Penyadap Gula Aren

BERBAGI
Mang Udin bersama Rumah Zakat/ist

Parungsari, AHAD.CO.ID – Melalui program Senyum Mandiri, Relawan Inspirasi Rumah Zakat membantu perekonomian penyadap gula aren di Parungsari, Lebak, Banten. Mang Udin, penerima bantuan tersebut, kini memiliki pohon aren sendiri berkat program tersebut.

“Saya bahagia campur terharu karena ternyata ada jalan yang tak terduga, dengan dapat bantuan modal dari Rumah Zakat ini,” tutur Mang Udin, dalam acara serah terima bantuan modal tersebut, Rabu, (26/7), sebagaimana siaran pers yang diterima AHAD.CO.ID, Kamis, (27/7).

Mang Udin bercerita, dahulu ia memiliki keterbatasan keterampilan, dan harus melanjutkan ilmu warisan dari orang tuanya, yaitu menyadap aren. Ia salah satu dari sedikit orang yang memiliki kemampuan tersebut. Kebutuhan ekonomi sehari-hari mengharuskannya untuk berjuang. Pekerjaan yang dipilihnya adalah mengelola pohon aren. Sayang, ia masih mengelola pohon aren milik warga sekitar, karena tidak punya pohon sendiri.

Baca juga :   ILUNI FKUI Gelar Khitanan Massal Dhuafa

“Hasil produksinya dibagi dua dengan pemilik pohon. Gula bagian saya, saya jual ke warga atau ke luar desa,” cerita Mang Udin.

Relawan Inspirasi Rumah Zakat di Desa Berdaya Parungsari, Syarief Hidayatullah, berencana akan mem-branding gula aren Mang Udin sebagai gula khas Parungsari.

“Gulanya asli dan wangi,” kata Syarief.

Parungsari merupakan salah satu Desa Berdaya binaan Rumah Zakat di Lebak, Banten.

FARA V SYAHRINI