Beranda Ekonomi Sidempuan Diguncang Gempa, Rumah Zakat Salurkan Bantuan

Sidempuan Diguncang Gempa, Rumah Zakat Salurkan Bantuan

BERBAGI
Relawan Rumah Zakat menyalurkan bantuan untuk korban gempa bumi di Padang Sidempuan/Dok Rumah Zakat

Padang Sidempuan, AHAD.CO.ID- Padang Sidempuan diguncang gempa berkekuatan 5,4 SR. Gempa yang terjadi pada Selasa (11/7) dan disusul beberapa gema susulan itu menghancurkan infrastuktur dan tempat tinggal masyarakat setempat.

Selasa (18/7) Rumah Zakat Medan menurunkan relawannya untuk membantu korban gempa Sidempuan, 3 orang relawan dikerahkan ke lokasi bencana, tepatnya di desa Loublayan Sigordang. Relawan memberikan bantuan berupa Sembako, minyak goreng, mie instant, gula pasir, susu, makanan ringan dan sebagainya.

Akibat dari gempa ini 15 rumah di desa Loublayan mengalami rusak berat dan 25 rumah rusak ringan. Beberapa masyarakat belum berani kembali ke rumahnya dan memilih tinggal di tenda sederhana dengan alasan takut sewaktu-waktu terjadi gempa susulan dan rumah mereka roboh.

Bantuan langsung diserahkan kepada masyarakat, secara simbolis diserahkan kepada penanggung jawab posko, Andi Harahap (42).

Baca juga :   Perjalanan Humanity Food Truck Singgah di Kota Hujan

“Terima kasih tim Rumah Zakat yang sudah jauh-jauh datang ke sini untuk memberikan bantuan, kami mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya apa yang Abang Abang berikan. Insya Allah bermanfaat bagi kami warga Loublayan”, tuturnya.

Bantuan-bantuan berupa sembako dan bahan bangunan begitu dibutuhkan oleh masyarakat. Bantuan dari dinas sosial telah sampai di lokasi bencana namun masih belum tercukupi.

Andi Sibuhuan (59) salah satu warga yang rumahnya rusak berat mengatakan, “Rumah saya rusak parah hampir roboh, saya belum berani kembali ke rumah karena gempa susulan masih sering terjadi” ungkapnya dengan sedih kepada para relawan.

“Duka Sidempuan hari ini adalah duka kita semua, ayo sama-sama kita ringankan beban saudara kita, bantuan materil, bahan pokok sangat sangat diperlukan”, pungkas Arief Ilhadi selaku koordinator lapangan.

DANIEL AMRULLAH