Beranda Headline Belajar Disiplin Sejak Dini di SD Juara, Jakarta Utara

Belajar Disiplin Sejak Dini di SD Juara, Jakarta Utara

BERBAGI
Siswa baru SD Juara, Jakarta Utara latihan baris berbaris, Kamis (20/7)/Rumah Zakat

Jakarta, AHAD.CO.ID- SD Juara Jakarta Utara punya cara tersendiri untuk menanamkan disiplin sejak dini. Pada hari ke-4 masuk sekolah, setiap siswa baru dilatih baris berbaris. Terlihat barisan siswa yang rapih dan tegak di halaman sekolah dalam nuansa Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

“Hari ini, kegiatan siswa baru diisi dengan latihan baris berbaris yang akan dipandu oleh wali kelas masing masing, di mana para guru yang melatih punya keahlian dasar pengetahuan baris berbaris. Guru-guru yang melatih, dulu waktu masih jadi “anak sekolahan” mereka aktif dalam ekstra kurikuler Paskibra/Pramuka,” terang Rahmat Ilahi, kepala sekolah SD Juara Jakarta Utara, Jumat (21/7).

Kegiatan baris berbaris dimulai pada pukul 08.00 Wib di halaman sekolah. Mulanya para wali kelas memberikan instruksi kepada anak-anak untuk berbaris rapi berkelompok yang masing-masing kelompoknya terdiri dari 2 atau 3 jajar.

Saat pelatihan baris berbaris berlangsung sikap para murid baru terlihat antusias dan polos. Tetapi, pada akhirnya mereka mulai mengerti dengan instruksi atau aba-aba yang diajarkan.

Baca juga :   Positif Mengandung Babi, BPOM Tarik Izin Viostin DS dan Enzyplex

Untuk anak-anak yang sebelumnya pernah mengenyam pendidikan usia dini semacam PAUD atau TK tentu sudah mengenal kegiatan baris berbaris. “Hanya tinggal dikembangkan saja teknik dasarnya, sementara untuk anak-anak yang baru saja merasakan “bangku sekolahan” baris berbaris menjadi pengalaman yang asing bagi mereka,” kata Rahmat.

Mereka latihan baris berbaris selama 70 menit atau 2 jam pelajaran. Bersamaan dengan bunyi bel, latihan baris berbaris pun usai. Murid-murid baru kembali memasuki ruang kelas untuk belajar memnyusun tata tertib kelas. Sementara kakak kelas mereka yakni kelas 4, 5 dan 6 masih meneruskan kegiatan belajar mengajar dengan tertib dalam kelas masing-masing.

“Latihan baris berbaris sangat bermanfaat bagi siswa, karena dapat melatih fisik dan membentuk tubuh yang kokoh. Selain itu juga dapat menumbuhkan persatuan antara siswa karena dilakukan dengan gerakan serempak dan berkelompok. Yang paling penting adalah sikap disiplin akan tertanam bagi siswa,” tutup Rahmat.

DANIEL AMRULLAH