Beranda Berita Hadapi Pandemi dan Resesi, ACT Luncurkan Gerakan Nasional Bangkit Bangsaku

Hadapi Pandemi dan Resesi, ACT Luncurkan Gerakan Nasional Bangkit Bangsaku

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT) meluncurkan Gerakan Nasional Bangkit Bangsaku bertajuk “Habis Gelap Bangkitkan Terang.”

Peluncuran gerakan kolaborasi yang dimaksudkan sebagai upaya penyelamatan sekaligus penyebaran semangat optimisme di tengah kondisi pandemi dan resesi ini dilakukan di Felfest IFC Universitas Indonesia, Depok, Jawa Barat, Rabu, 30 September 2020.

Dewan Pembina ACT, Ahyudin, menjelaskan gagasan ini dilatarbelakangi oleh kondisi bangsa Indonesia yang sedang diliputi pandemi dan resesi. Menurut Ahyudin, dua kondisi itu merupakan kondisi yang sangat menakutkan, namun sekaligus membangun optimisme.

“Dua narasi ini (pandemi dan resesi, red) tidak mudah dipahami oleh masyarakat awam. Tetapi bagi kita, pandemi dan resesi itu sesuatu yang amat serius, harus kita pahami, haris kita sikapi,” ungkap Ahyudin.

Baca juga :   Banyak Wartawan yang Meliput di Rakhine Hilang

Inisiator Gerakan Nasional Bangkit Bangsaku ini mengatakan, pandemi selalu identik dengan kematian. Sedangkan resesi identik dengan kemiskinan. Dua hal ini merupakan risiko besar terjadinya bencana.

“Dampak pendemi, korbannya lebih besar dari gempa Lombok dan Palu. Selain itu juga resesi dan kemiskinan yang luar biasa,” kata dia.

Karena itulah, lanjut Ahyudin, harus dilakukan pendekatan kemanusiaan untuk membantu masyarakat dan bangsa ini untuk keluar dari pandemi dan resesi. Langkah itu berupa aksi-aksi kemanusiaan.

“Saya berharap pendekatan kemanusiaan jadi pendekatan holistik, diakomodir oleh stakeholder bangsa ini,” harap Ahyudin.