Beranda Berita Ribuan Anggota Parlemen Eropa Tolak Aksi Israel Caplok Tepi Barat

Ribuan Anggota Parlemen Eropa Tolak Aksi Israel Caplok Tepi Barat

BERBAGI

Brussel, Ahad.co.id- Lebih dari 1.000 anggota parlemen dari seluruh Eropa telah menandatangani surat yang menyatakan penentangan keras terhadap rencana Israel untuk mencaplok bagian-bagian Tepi Barat, Palestina.

Surat itu mengangkat “keprihatinan serius” tentang rencana tersebut dan menyerukan “konsekuensi yang sepadan” bagi Israel jika tetap melakukannya.

Isi surat yang dikirim ke kementerian luar negeri Eropa itu memperingatkan bahwa aneksasi sepihak wilayah Tepi Barat bisa “berakibat fatal bagi prospek perdamaian Israel-Palestina dan akan menantang norma paling dasar yang memandu hubungan internasional”. Ini merupakan tanda meningkatnya tekanan internasional terkait rencana tersebut.

Surat yang ditandatangani oleh 1.080 anggota parlemen dari 25 negara itu memperingatkan “potensi yang tidak stabil” di kawasan jika aneksasi tetap dilanjutkan, demikian diwartakan BBC, Kamis (25/06/2020).

Baca juga :   Bentrok Dengan Polisi, Sedikitnya 20 Warga Palestina Terluka

Beberapa surat kabar telah menerbitkan surat tersebut, sekira sepekan menjelang dimulainya proses aneksasi. Menurut kesepakatan pembagian kekuasaan yang mengarah pada pembentukan pemerintah Israel bulan lalu, pencaplokan dapat dilakukan mulai 1 Juli.

Proyek ini dipimpin oleh Perdana Menteri Benjamin Netanyahu, yang berusaha untuk memperluas kedaulatan Israel atas bagian-bagian Tepi Barat yang berisi pemukiman ilegal Yahudi.

Jika rencana itu disahkan, langkah tersebut dapat menggabungkan hingga 30 persen dari wilayah yang diklaim Palestina sebagai tanah negara merdeka di masa depan.

Penggabungan permukiman Yahudi ke dalam kedaulatan Israel itu telah diberi lampu hijau di bawah Visi Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump untuk Perdamaian yang diumumkan pada Januari, sebah rencana untuk mengakhiri konflik Israel-Palestina yang telah berlangsung beberapa dekade.