Beranda Headline Begini Cara Kreatif Pembelajaran Daring Jakarta Islamic School Selama Pandemi

Begini Cara Kreatif Pembelajaran Daring Jakarta Islamic School Selama Pandemi

BERBAGI

Tujuan pembelajaran online melalui Zoom dan Google Classroom, baik secara Live maupun rekaman video, menurut Mam Fifi, adalah untuk memudahkan orang tua sehingga proses pembelajaran berlangsung sesuai metode yang diajarkan di sekolah.

“Kami harapkan dapat memudahkan kami untuk mencapai target pembelajaran dengan kondisi yang tidak menentu begini. Kami khawatir banyak target pembelajaran yang tidak tercapai. Dan akan sangat menyusahkan orangtua murid dalam mencapainya mengingat subject yang sangat banyak yang dimiliki,” ujar Mam Fifi.

Menurut Mam Fifi, dengan belajar lewat media daring, anak-anak dapat mandiri dan tetap merasa dekat dengan gurunya seperti di sekolah.

“Mendidik anak agar mandiri dan merasa sekolah, hal yang harus kita raih kembali, ada waktu-waktu belajar yang diperhatikan. Belajar online juga membangun hubungan emosional guru dan siswa tetap terjaga,” katanya.

Baca juga :   PKS Akan Kerahkan Kader untuk Sukseskan Reuni 212

Semua guru mata pelajaran di JISc memanfaatkan media sosial, teknologi dan aplikasi belajar online tersebut. Mereka melakukan shooting setiap hari sehingga suasana belajar mengajar tetap terasa seperti di sekolah. Video-video yang dibuat dapat dilihat di akun YouTube JISc Nursery & Kindergarten, JISc Primary, dan JISc Secondary.

Salah satu guru, Nida, mengatakan bahwa guru harus siap dengan konsep pengajaran setiap apa yang akan ditampilkan saat syuting. Misalnya, di kelas 2, ada pelajaran pengenalan uang, guru akan syuting di sebuah toko minimarket dan berbelanja serta menunjukkan bagaimana transaksi menggunakan uang.