Beranda Berita PKS Dorong Pemerintah Serius Hadapi Ancaman Krisis Pangan

PKS Dorong Pemerintah Serius Hadapi Ancaman Krisis Pangan

BERBAGI
Ilustrasi

Jakarta, Ahad.co.id- Ketua DPP Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Mardani Ali Sera mendorong pemerintah memperkuat produksi pangan terkait ancaman krisis pangan global akibat pandemi Covid-19.

“Seperti menyalurkan fasilitas teknologi, sarana prasarana dan kemudahan kredit usaha untuk petani. Tentu sambil tetap memperhatikan protokol kesehatan,” kata Mardani melalui keterangan tertulis di Jakarta, pada Senin (11/5/2020).

Selain itu, menurut dia, subsidi bantuan modernisasi Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) untuk sementara waktu dapat diubah dengan pembayaran langsung ke petani. Hal itu dimaksudkan, imbuhnya, agar para petani dapat memilih benih terbaik secara mandiri untuk ditanam.

Baca juga :   Alumni Al Azhar Jakarta Dukung TGB Maju di Pilpres 2019

“Tanpa mengurangi semangat modernisasi Alsintan,” katanya.

Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) diketahui telah mengingatkan potensi krisis pangan tersebut akibat penyebaran Covid-19 di lebih dari 200 negara di dunia, salah satunya Indonesia.

FAO meminta setiap negara yang sedang mengatasi penyebaran virus corona juga menjaga kelancaran rantai pasokan makanan. Rantai pasokan makanan ini melibatkan interaksi yang kompleks, seperti di sektor pertanian melibatkan petani, benih, pupuk, anti-hama, pabrik pengolahan, pengiriman, pengecer dan lainnya. Jaringan yang kompleks juga terdapat sektor peternakan dan perikanan. (Hasbi)