Beranda Headline Enam Amalan yang Bisa Kamu Lakukan di Waktu Sahur

Enam Amalan yang Bisa Kamu Lakukan di Waktu Sahur

BERBAGI

Ahad.co.id- Salah satu amalan yang spesial di bulan Ramadhan adalah sahur. Ya, banyak kaum muslimin yang sepanjang tahun tidak merasakan indahnya sahur kecuali Ramadhan. Sahur adalah momen special di mana Allah Ta’ala hendak berjumpa dengan para hamba-Nya yang shalihin, sebagaimana disampaikan dalam sebuah hadits:

“Tuhan kita yang Maha Agung dan Maha Tinggi turun setiap malam ke langit dunia ketika telah tersisa sepertiga malam terakhir. Ia berfirman, ‘Siapakah yang berdoa kepada-Ku, maka Aku akan mengabulkannya. Siapa yang meminta kepada-Ku, maka Aku akan memberikannya. Siapa yang memohon ampun kepada-Ku maka akan Aku ampuni.” (HR. Bukhari-Muslim)

Dalam hadits di atas disampaikan bahwa Allah Ta’ala dengan segala kesibukan-Nya menyempatkan untuk hadir ke langit dunia pada saat malam tersisa sepertiganya, yaitu waktu sahur, karena saat waktu itu semua pintu dikabulkan, semua munajat diijabah, dan semua taubat diterima.

Baca juga :   5 Hikmah Pandemi Wabah Corona Menurut Aa Gym

Inilah momen indah Ramadhan. Sebulan penuh kita menjalankan puasa dan sebulan penuh kita bangun untuk sahur. Berjumpa dengan Allah Ta’ala di waktu yang amat indah. Oleh karena itu, optimalkan sahurmu. Yuk optimalkan sahur dengan amalan-amalan berharga berikut:

1. Qiyamul Lail

Kerjakanlah shalat tahajud semampu Anda, boleh dua rakaat atau delapan rakaat. Juga, boleh Anda menambahkan dengan shalat sunnah lainnya seperti shalat hajat, tasbih dan lain-lain. Jika Anda belum mengerjakan witir saat tarawih, maka tutuplah tahajud dengan witir.