Beranda Headline Catat, Ini Waktu dan Jenis Olahraga Terbaik Saat Puasa!

Catat, Ini Waktu dan Jenis Olahraga Terbaik Saat Puasa!

BERBAGI
Ilustrasi

Oleh : dr. Akhmad Isna Nurudinulloh
Dokter Praktik di RS Sari Asih, Sangiang-Tangerang

Ahad.co.id- Sudah menjadi rahasia umum bahwa berolahraga merupakan salah satu gaya hidup sehat yang memberikan banyak manfaat untuk kita semua, baik manfaat jangka pendek maupun jangka panjang.

Manfaat-manfaat yang banyak dirasakan dari berolahraga beraneka ragam, antara lain membuat fungsi pompa jantung lebih optimal, mencegah penyakit jantung dan stroke, menurunkan tekanan darah tinggi, mencegah obesitas, hingga memperbaiki suasana hati dan mengatasi stress.

Berolahraga menjadi hal yang membingungkan untuk dilakukan bagi sebagian masyarakat, utamanya ketika sedang berpuasa atau ketika memasuki bulan Ramadhan. Kebingungan ini lantaran sebagian mengkhawatirkan kalau berolahraga saat berpuasa alih-alih mendapat manfaat malah membuat kita menjadi sakit.

Pertanyaan yang umum biasanya kapan waktu berolahraga yang baik dan apa jenis olahraganya. Mari kita ulas pelan-pelan, berikut dasar ilmiah dan logika berpikirnya, agar kita dapat menentukan sendiri waktu dan jenis olahraganya di bulan Ramadhan ini, sesuai target dan kebutuhan kita.

Baca juga :   Wabup Bantul Resmikan Haflah Qurban Merdeka LAZNAS Dewan Dakwah

Metabolisme Ketogenik Saat Berpuasa

Pada saat berpuasa, perut dalam kondisi kosong, makanan minuman tidak ada yang masuk, kalori pun tidak ada yang masuk. Saat tubuh mulai kehabisan energi dan pengurangan glukosa di dalam darah, pertama kali tubuh akan merasakan lemas, dan tenaga berkurang. Di saat itulah tubuh mulai merespon dengan proses pembentukan glukosa baru yang salah satunya dilakukan dengan cara pembakaran lemak secara alami untuk menjadi energi baru, berupa keton bodies. Karena produknya disebut keton bodies, maka fase metabolisme ini umum disebut sebagai metabolisme ketogenik.