Beranda Berita Saudi Minta Umat Islam Tunda Rencana Ibadah Haji

Saudi Minta Umat Islam Tunda Rencana Ibadah Haji

BERBAGI
Ilustrasi

Riyadh, Ahad.co.id- Menteri haji Arab Saudi meminta umat Islam untuk menunda sementara rencana Ibadah Haji. Ini terkait ketidakpastian akibat pandemi virus korona.

Awal bulan ini, Arab Saudi menunda ‘ibadah umrah’ sepanjang tahun karena kekhawatiran virus korona menyebar ke kota-kota suci dalam Islam. Ini merupakan sebuah langkah yang belum pernah terjadi sebelumnya yang meningkatkan ketidakpastian atas ibadah haji tahunan.

“Arab Saudi sepenuhnya siap untuk melayani jemaah Haji dan Umrah. Tetapi dalam keadaan saat ini, ketika kita berbicara tentang pandemi global. Kerajaan bermaksud untuk melindungi kesehatan umat Islam dan warga negara,” ujar Menteri Haji Mohammad Benten mengatakan kepada televisi Al-Ekhbariya, seperti dikutip AFP, Rabu, 1 April 2020.

“Oleh karena itu kami meminta saudara Muslim kami di semua dunia untuk menunggu sebelum melakukan Haji sampai situasinya jelas,” tegasnya.

Pemerintah Arab Saudi belum mengumumkan apakah mereka akan melanjutkan haji tahun ini, yang dijadwalkan akhir Juli. Ibadah -,yang tahun lalu menarik 2,5 juta orang,- adalah pendapatan utama bagi kerajaan.

Baca juga :   Empat Kesepakatan MUI-PGI Untuk Perdamaian Sentani

Tapi itu bisa menjadi sumber penularan utama karena Mekkah diisi oleh para jamaah. Awal bulan ini, Arab Saudi menghentikan salat di dalam semua masjidnya kecuali dua situs paling suci dalam Islam, karena meningkatkan kemungkinan penularan covid-19.

Arab Saudi berjuang untuk membatasi penyebaran penyakit ini negaranya. Kementerian Kesehatan Kerajaan Arab Saudi telah melaporkan 1.563 infeksi virus korona dan 10 kematian akibat penyakit sejauh ini. (Hasbi)