Beranda Ekonomi Masker Kain dengan Filter Bisa Halau Virus Corona?

Masker Kain dengan Filter Bisa Halau Virus Corona?

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Sejak pandemi Corona merebak, masker bedah mendadak jadi barang langka, kalaupun ada dijual dengan harga yang tak masuk akal. Padahal, masker menjadi salah satu alat penting untuk mencegah penularan virus.

Tapi jangan khawatir, menurut Dokter Akhmad Isna, masker kain juga dapat berfungsi hampir sama dengan masker bedah. Namun syaratnya, masker tersebut harus didesain berlapis dan memakai kain dengan bahan pilihan.

“Memang tidak se-efektif masker bedah apalagi N-95. Tetapi dengan desain berlapis dan dimasukkan Filter, merupakan upaya maksimal masker kain menahan droplet,” jelas Dokter alumnus FK Undip Semarang itu, Sabtu (28/03/2020).

Selain itu, dia juga memberikan saran penggunaan masker kain untuk menghalau penularan virus corona.  Yang pertama, katanya , gunakan masker harus dengan filter, dapat berupa tissue kering dua lembar, atau tissue basah yang sudah kering dua lembar.

Baca juga :   Gelar Silatnas di Medan, Ini yang Dibahas GNPF Ulama

“Kemudian gunakan satu masker untuk satu hari, setelah itu masker dicuci dengan sabun dan dijemur di bawah sinar matahari. Jangan lupa cabut dan buang filternya,” ungkap dia.

Jika akan berkegiatan di hari berikutnya, gunakan masker lain dengan filter yang baru. “Karena masker kemarin masih dijemur di bawah sinar matahari,” jelasnya.

Karena itu, dia menyarankan agar menyediakan 6-12 masker untuk beraktifitas keluar masuk rumah, agar langkah pencegahan kita lebih efektif.  “Jumlah menyesuaikan sesuai jumlah anggota keluarga,” pungkas Dokter Isna.