Beranda Headline Biar Makin Semangat Ibadah, Ini 7 Keutamaan Bulan Sya’ban

Biar Makin Semangat Ibadah, Ini 7 Keutamaan Bulan Sya’ban

BERBAGI
Sumber gambar: freepick

Ahad.co.id-  Hari ini kita sudah masuk hari ke-2 di Bulan Sya’ban. Dinamakan demikian karena banyak faktor, salah satunya karena bulan ini berada diantara dua bulan mulia yang menjadi fokus perhatian umat islam untuk tidak berlalu begitu saja tanpa diisi dengan berbagai macam ibadah.

Bulan ini sekalipun terjepit diantara dua bulan yang didalamnya dipenuhi kesibukan ibadah bukan berarti ia tidak memiliki keistimewaan sehingga harus dilupakan.

Rasulullah sangat memberikan perhatian yang lebih terhadap bulan ini dengan berpuasa sebanyak-banyaknya yang tidak pernah dilakukan oleh bulan-bulan lainnya kecuali bulan ramadhan karena didalamnya banyak mengandung keistimewaan (Dr. Mahmud Sayyid Shabih, Lailat al-Nisfi min Sya’ban, h. 20) sebagai berikut:

Pertama, turunnya perintah bershalawat dan memberi salam kepada baginda Nabi Muhammad Saw

Baca juga :   Rumah Zakat Cek Kesehatan Warga Pulau Pari

Ayat yang memerintahkan kita untuk bershalawat dan memberi salam kepada baginda Nabi Muhammad Saw yang terdapat dalam surah al–Ahzab: 56

((إن الله وملائكته يصلون على النبي، يا أيها الذين آمنوا صلوا عليه وسلموا تسليما))

menurut kalangan ulama’ ahli tafsir diturunkan oleh Allah Swt pada bulan ini (Sya’ban). (al-Sayyid Muhammad Alawi al-Maliki, Madza Qala fi Sya’ban, hal.24)

Kedua, diperintahkannya berpuasa pertama kali pada tahun kedua hijriyah

Bagian dari bentuk keistimewaan bulan ini Allah Swt menyuruh umat islam untuk melaksanakan puasa satu bulan full pertama kali tepatnya pada bulan sya’ban ini bukan pada bulan ramadhan. Ini terjadi pada tahun kedua setelah hijrahnya baginda Nabi Muhammad Saw ke Madinah. (Mohammad Shaleh al-Munjid, 32 Faidah fi Syahr Sya’ban hal. 30)