Beranda Headline Benarkah Sarung Tangan Dapat Cegah Penularan Corona?

Benarkah Sarung Tangan Dapat Cegah Penularan Corona?

BERBAGI

Oleh : dr. Akhmad Isna Nurudinulloh
Praktik di RS Sari Asih, Sangiang – Tangerang

Ahad.co.id- Meningkatnya jumlah kasus terkonfirmasi Covid-19 telah membuat banyak kekhawatiran terjadi di masyarakat. Berbagai upaya dilakukan banyak orang, tak terkecuali berbondong-bondong membeli sarung tangan (handscoon), hingga sarung tangan mulai langka di pasaran. Pertanyaannya, perlukah hal tersebut dilakukan? Simak Q n A kegunaan sarung tangan dalam pencegahan Covid-19, berikut ini :

Q : Sebetulnya, bagaimana penularan Covid-19?

A : Virus SARS-CoV-2, penyebab penyakit Covid-19, masih diduga kuat dapat menyebar dari manusia ke manusia melalui droplet, seperti percikan bersin dan batuk. Hal tersebut hingga kini masih diperdebatkan, mengingat baru-baru ini dunia kedokteran mempertimbangan penyebaran SARS-CoV-2 via udara atau airborne transmition.

Q : Apakah Virus dapat masuk melalui kulit?

A : Perlu diketahui bahwa kulit kita adalah super-barrier. Pertahanan yang sangat kokoh. Berbagai bakteri/kuman, virus, dan parasit tidak bisa serta merta masuk ke dalam tubuh kita melalui kulit yang intak atau utuh. Bakteri dan virus mudah masuk ke dalam tubuh kita melalui kulit yang rusak, seperti luka lecet, luka robek, dan pecah-pecah.

Baca juga :   Begini Fatwa MUI Fatwa Tentang Ibadah Dalam Situasi Wabah Covid-19

Q : Jika tidak melalui kulit, Virus masuk melalui apa?

A : Virus SARS-CoV-2 masuk ke dalam tubuh kita diduga kuat melalui jaringan mucosa, seperti : bagian dalam mulut, bagian dalam hidung, dan bagian dalam kelopak mata. Virus SARS-CoV-2 tidak masuk ke dalam tubuh melalui kulit yang intak karena sifat Super-Barrier-nya kulit, sebagaimana dijelaskan di atas. Dengan demikian, salah kaprah jika kita menganggap Virus dapat masuk melalui kulit tangan kita sehingga kita terpaksa harus memakai sarung tangan.