Beranda Headline Dua Vitamin Ini Terbukti Ilmiah Cegah Covid-19

Dua Vitamin Ini Terbukti Ilmiah Cegah Covid-19

BERBAGI

Oleh : dr. Akhmad Isna Nurudinulloh
Praktik di RS Sari Asih, Sangiang-Tangerang

Ahad.co.id- Sebanyak 2.365 spesimen diperiksa, 450 kasus mengkonfirmasi Covid-19, 38 kasus meninggal dunia, 22 spesimen masih proses pemeriksaan (Update 22 Maret 2020, Pukul 12.00 WIB).

Banyaknya kasus Covid-19 mengkhawatirkan masyarakat secara luas. Berbagai cara diupayakan untuk menjaga kesehatan, tak terkecuali mengkonsumsi vitamin dan mineral. Namun, tahukah kamu, vitamin dan mineral apa yang secara ilmiah terbukti mencegah penyakit Covid-19?

1. Mineral Zinc

Zinc merupakan mineral yang berperan penting dalam pertumbuhan, perkembangan, serta untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh. Pada November 2010, jurnal ilmiah riset kedokteran yang diteliti oleh para peneliti dari Belanda dan Amerika Serikat dipublikasikan. Jurnal tersebut menyebut bahwa Zinc terbukti secara efektif merusak dan menghambat replikasi virus SARS-CoV, penyebab penyakit SARS.

Baca juga :   Jembatan Harapan Berdiri Kokoh di Desa Gunasari, Sumedang

Mengingat SARS-CoV-2, penyebabkan penyakit Covid-19, merupakan 1 keluarga dengan SARS-CoV, diharapkan Zinc dapat berefek dalam merusak dan menghambat replikasi virus penyebab penyakit Covid-19 di dalam tubuh kita. Maka, selain untuk menjaga kesehatan jaringan tubuh, bila virus SARS-CoV-2 masuk, diharapkan replikasinya di dalam tubuh dapat dirusak, kemudian daya tahan tubuh kita segera mengenali dan membunuhnya. Harapan ini sejalan untuk mencegah penyakit Covid-19.

Bila tidak mendapatkan multivitamin yang mengandung Zinc, jangan khawatir, kita bisa mendapatkan Zinc secara alami dari makanan kita. Makan yang mengandung Zinc antara lain : daging sapi, daging ayam, kacang-kacangan, bayam, beras merah, bawang putih, dan oatmeal.