Beranda Berita KAMMI Dukung RUU Ketahanan Keluarga

KAMMI Dukung RUU Ketahanan Keluarga

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id – Aliansi Cerahkan Negeri menghadiri diskusi dengan tema “Kerangka Dinamis RUU Ketahanan Keluarga”, diskusi yang diselenggarakan oleh Bidang Perempuan Pengurus Pusat KAMMI ini mengundang Dr. Hj. Netty Prasetiyani Heryawan, M.Si, selaku pengusung RUU Ketahanan Keluarga sebagai pemateri. Selain ACN, diskusi tersebut dihadiri oleh KAMMI Pusat dan KAMMI daerah.

Netty menyampaikan bahwa terjadi sentimen negatif yang kini berkembang di masyarakat dikarenakan banyak salah paham mengenai RUU Ketahanan Keluarga hal ini menyebabkan banyak isu negatif yang kini berkembang di masyarakat yakni urusan privat warga negara, domestifikasi perempuan, hingga masalah pemaksaan pemenuhan properti dalam keluarga.

“Hal tersebut wajar, dikarenakan mungkin masyarakat yang berkomentar belum membaca draft dan naskah akademik secara keseluruhan, selain itu kami terbuka dengan semua kritik kepada RUU ini, karena kami mengetahui RUU ini belum sempurna,” jelas istri dari mantan Gubernur Jawa Barat tersebut. Netty juga menjelaskan bahwa selain RUU Ketahanan Keluarga ada dua RUU yang memiliki tema yang beririsan yakni RUU Kependudukan Keluarga Nasional yang diusung oleh PDIP dan RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak yang diusung oleh PKB.

Baca juga :   Semakin Parah, Wabah Kolera di Yaman Bunuh 1.170 Orang

“Hanya saja karena secara berkas, yang sudah lengkap adalah RUU Ketahanan Keluarga, maka RUU ini masuk ke dalam prolegnas periode ini,” lanjut Netty.

Netty menjelaskan bahwa proses RUU Ketahanan Keluarga ini masih merupakan tahap awal dalam pengajuan RUU di legislatif. Sebelum dilakukan pembahasan, RUU harus melalui beberapa tahap yakni Uji Panja Harmonisasi kemudian akan ditetapkan oleh Baleg layak dibahas atau tidak, jika layak dibahas maka RUU akan dibahas di Rapat Paripurna.