Beranda Headline Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Virus Corona

Cara Cuci Tangan yang Benar untuk Mencegah Virus Corona

BERBAGI

Oleh dr. Akhmad Isna Nurudinulloh
Praktik di RS Sari Asih, Sangiang-Tangerang

Mencuci tangan adalah salah satu cara yang diyakini efektif dalam pencegahan penularan atau transmisi virus dan bakteri, tidak terkecuali virus corona jenis baru yang dinamakan SARS-CoV-2, penyebab penyakit Covid-19.

Namun, tentu sebagian masyarakat khususnya bukan dari praktisi kesehatan akan bertanya-tanya, apakah benar cara mencuci tangan yang biasa dilakukannya tersebut sehingga sesuai untuk pencegahan transmisi virus corona.

Di dalam dunia medis, mencuci tangan juga merupakan hal yang penting. Praktek mencuci tangan sampai masuk ke dalam penilaian Akreditasi sebuah tempat layanan kesehatan. Terlebih tempat layanan kesehatan adalah wilayah yang dapat disebut sebagai wilayah yang paling infeksius. Berbagai kuman dan virus ada di sana. Ini membuktikan bahwa transmisi suatu penyakit, meskipun berada di wilayah paling infeksius, dapat dicegah dengan baik dengan mencuci tangan yang benar benar sesuai pedoman.

Baca juga :   Kita Lintas Nusa, Solusi Bagi Persoalan Suplai KitaMart

World Health Organization (WHO) telah lama merilis cara mencuci tangan yang baik dan benar. Sebelum pada tatacara mencuci tangan, perlu kita ketahui terlebih dahulu prinsip dalam mencuci tangan, antara lain :

1. Mencuci tangan dilakukan dengan menggosokkan tangan menggunakan cairan antiseptik (handrub) atau dengan air mengalir dan sabun antiseptik (handwash).

2. Handrub dilakukan selama 20-30 detik sedangkan handwash dilakukan selama 40-60 detik.

3. Bila mencuci tangan dengan air mengalir, jangan lupa untuk membilas kembali tangan yang telah dicuci dengan sabun antiseptik tersebut dengan air mengalir.