Beranda Gaya Hidup 7 Tips Efektif Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona Jenis Baru

7 Tips Efektif Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona Jenis Baru

BERBAGI

Oleh dr. Akhmad Isna Nurudinulloh
Dokter Praktik di RS Sari Asih, Sangiang-Tangerang

Indonesia kini masuk masuk ke dalam daftar negara, yang wilayahnya terkena sebaran virus corona jenis baru yang disebut SARS-Cov-2.

Masyarakat langsung panik, sebagian memburu masker sebagian lainnya memborong bahan kebutuhan pokok di pusat perbelanjaan.

Lalu, bagaimana cara pencegahan dan pengendalian yang saat ini dipercaya sangat efektif agar tidak terkena penyakit ini?

1. Rajin mencuci tangan.

Tentunya mencuci tangan yang baik, bukan sembarang mencuci tangan. Mencuci tangan yang baik dan sesuai anjuran medis dilakukan selama 20 detik, dengan air yang mengalir dan sabun cuci tangan.

Mencuci tangan meliputi telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku. Mencuci tangan ini menjadi hal yang sangat efektif dalam mencegah penyebaran virus corona jenis baru, bahkan bisa mencegah penyebaran penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

Baca juga :   Bupati Jayapura Pimpin Tim Penyelesaian Konflik Menara Masjid Al Aqsha

2. Tidak mengucek kelopak mata atau menyentuh wajah, kecuali tangan dalam keadaan bersih atau pasca mencuci tangan.

Hal ini mengingat adanya laporan dan dugaan bahwa corona virus jenis baru ini dapat menyebar masuk melalui tangan yang kotor, yang kemudian virus masuk melalui selaput mata, hidung, dan mulut.

3. Menjaga etika batuk dan bersin, serta tidak meludah sembarangan.

Virus corona jenis baru diyakini menyebar secara droplet, melalui batuk, bersin-bersin, sputum/dahak tenggorok yang keluar, dan percikan air liur saat tertawa atau berbicara. Sehingga bila batuk, baik kiranya bagi kita untuk menutup mulut dan hidung kita dengan kain atau sapu tangan. Dan bagi yang sedang sakit batuk pilek, maka sangat disarankan untuk menggunakan masker saat kontak dengan orang lain.