Beranda Gaya Hidup 7 Tips Efektif Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona Jenis Baru

7 Tips Efektif Pencegahan dan Pengendalian Virus Corona Jenis Baru

BERBAGI

Oleh dr. Akhmad Isna Nurudinulloh
Dokter Praktik di RS Sari Asih, Sangiang-Tangerang

Indonesia kini masuk masuk ke dalam daftar negara, yang wilayahnya terkena sebaran virus corona jenis baru yang disebut SARS-Cov-2.

Masyarakat langsung panik, sebagian memburu masker sebagian lainnya memborong bahan kebutuhan pokok di pusat perbelanjaan.

Lalu, bagaimana cara pencegahan dan pengendalian yang saat ini dipercaya sangat efektif agar tidak terkena penyakit ini?

1. Rajin mencuci tangan.

Tentunya mencuci tangan yang baik, bukan sembarang mencuci tangan. Mencuci tangan yang baik dan sesuai anjuran medis dilakukan selama 20 detik, dengan air yang mengalir dan sabun cuci tangan.

Mencuci tangan meliputi telapak tangan, punggung tangan, sela-sela jari, dan kuku. Mencuci tangan ini menjadi hal yang sangat efektif dalam mencegah penyebaran virus corona jenis baru, bahkan bisa mencegah penyebaran penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri maupun virus.

2. Tidak mengucek kelopak mata atau menyentuh wajah, kecuali tangan dalam keadaan bersih atau pasca mencuci tangan.

Hal ini mengingat adanya laporan dan dugaan bahwa corona virus jenis baru ini dapat menyebar masuk melalui tangan yang kotor, yang kemudian virus masuk melalui selaput mata, hidung, dan mulut.

3. Menjaga etika batuk dan bersin, serta tidak meludah sembarangan.

Virus corona jenis baru diyakini menyebar secara droplet, melalui batuk, bersin-bersin, sputum/dahak tenggorok yang keluar, dan percikan air liur saat tertawa atau berbicara. Sehingga bila batuk, baik kiranya bagi kita untuk menutup mulut dan hidung kita dengan kain atau sapu tangan. Dan bagi yang sedang sakit batuk pilek, maka sangat disarankan untuk menggunakan masker saat kontak dengan orang lain.

4. Mengkonsumsi makan makanan yang matang, terutama daging atau protein hewani.

Hal ini penting mengingat dugaan awal penularan virus corona adalah melalui pasar hewan di daerah Wuhan, China. Dan dugaan lain adalah karena masyarakat di sana yang mengkonsumsi makanan kelelawar yang diduga membawa virus corona jenis baru ini.

Baca juga :   Membangun Gerakan Peduli Lingkungan dengan eco-Masjid

5. Gunakan masker saat berada di keramaian.

Kita tidak tahu, di dalam keramaian seperti berada di Kereta Commuter Line atau KRL, di Pasar, di Mall, ataupun di jalanan, ada orang yang sedang bersin-bersin, batuk-batuk atau tidak. Mengingat penyebaran virus SARS-CoV-2 yang sangat cepat ini, maka menggunakan masker saat berada di tempat keramaian sangat dianjurkan untuk tindakan preventif kita. Masih ingat tragedi Covid-19 di kapal Diamond Princess? Begitulah penyebarannya, sangat cepat.

6. Apabila sakit batuk, pilek, demam segera ke tempat pelayanan kesehatan.

Infeksi saluran pernapasan, termasuk Covid-19, diawali oleh gejala batuk pilek dan demam, terkadang belum sampai sesak napas. Masyarakat yang sulit membedakan apakah ini hanya radang tenggorokan biasa atau cenderung ke arah Pneumonia yang bisa saja mengindikasikan ke arah Covid-19, maka baik kiranya untuk segera ke tempat pelayanan kesehatan terdekat dan menceritakan keluhannya.

7. Makan makanan bergizi dan rutin berolahraga.

Makan makanan bergizi dan rutin berolahraga terbukti efektif dalam meningkatkan daya tahan tubuh kita terhadap berbagai penyakit, tidak terkecuali virus corona. Hal ini sangat penting mengingat sistem daya tahan tubuh kita tentu menjadi ujung tombak kesehatan kita.

Ketujuh cara tersebut, saat ini digadang-gadang terbukti efektif dalam pencegahan dan pengendalian outbreak virus corona jenis baru, termasuk dunia medis pun mengakui hal tersebut.

Mudah-mudahan Allah senantiasa menjaga diri kita dan keluarga agar dihindarkan dari berbagai masalah kesehatan, termasuk mimpi buruk virus corona jenis yang baru.