Beranda Gaya Hidup Begini Tujuh Cara Mencegah Hipertensi

Begini Tujuh Cara Mencegah Hipertensi

BERBAGI

Oleh: dr. Akhmad Isna Nurudinulloh
Praktik di RS Sariasih Sangiang, Tangerang

Hipertensi adalah momok bagi masyarakat dunia, tidak terkecuali Indonesia. Menurut WHO, satu dari tiga orang di dunia setidaknya terkena penyakit hipertensi.

Hipertensi dapat menjadi cikal bakal penyakit baru, semisal stroke, jantung koroner, gagal ginjal, dsb.

Di tengah mimpi buruk hipertensi yang menghantui, tidak sedikit pandangan di masyarakat yang menyimpulkan bahwa penyakit hipertensi terjadi oleh karena faktor keturunan. Atau banyak juga diantara masyarakat kita yang mengkambinghitamkan keturunan sebagai penyebab dirinya terkena penyakit hipertensi.

Tidak salah memang menganggap demikian, karena salah satu faktor risiko terkena penyakit hipertensi memang faktor keturunan. Dan, keturunan adalah faktor risiko yang tidak dapat dimodifikasi/ tidak dapat diubah. Kita tak bisa memilih terlahir sebagai keturunan yang memiliki bakat hipertensi atau tidak.

Baca juga :   Erdogan dan Putin Segera Bahas Soal Suriah di Istanbul

Namun, tahukah kita, bahwa ternyata sebagian besar faktor risiko penyakit hipertensi bisa dimodifikasi dan bisa dihindari. Artinya, jika kita sedapat mungkin menerapkan kehidupan sehat ini, maka bayang-bayang gelap terkena penyakit hipertensi insya Allah tidak akan menghampiri kita.

Beberapa faktor risiko penyakit hipertensi yang dapat kita hindari antara lain :

1. Menghindari konsumsi garam (Natrium) berlebihan.
Dengan melakukan hal ini, diharapkan kadar Natrium di dalam darah tidak berlebihan karena tingginya Natrium dapat menyebabkan retensi cairan tubuh dan menyebabkan terjadinya hipertensi.