Beranda Ekonomi Tahun 2020 Seluruh Lembaga Keuangan di Aceh Diharapkan Terapkan Syariah

Tahun 2020 Seluruh Lembaga Keuangan di Aceh Diharapkan Terapkan Syariah

BERBAGI

Banda Aceh, Ahad.co.id- Pelaksana Tugas Gubernur Aceh Nova Iriansyah berharap pada tahun 2022 seluruh lembaga keuangan yang beroperasi di provinsi tersebut sudah beralih dan menerapkan sistem syariah.

“Pemerintah Aceh semakin memantapkan komitmennya dalam penerapan Lembaga Keuangan Syariah (LKS), seiring dengan telah disahkannya Qanun Nomor 11 tahun 2018 tentang Lembaga Keuangan Syariah di provinsi ini,” katanya di Banda Aceh, Senin (16/12).

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela menerima audiensi dan paparan peta jalan implementasi penerapan keuangan syariah BNI di Aula Rumah Dinas Wakil Gubernur Aceh, Banda Aceh.

Ia menjelaskan penerapan produk hukum yang dihasilkan dari keistimewaan yang dimiliki Aceh tersebut, pada dasarnya untuk menjauhi segala larangan yang telah ditentukan oleh agama Islam, salah satunya yaitu riba.

Ia menyebutkan masyarakat Aceh yang notabene muslim, menganggap sistem keuangan konvensional menganut sistem riba.

Nova mengapresiasi langkah Bank Negara Indonesia (BNI) yang telah mengkonversikan sistem keuangan menjadi berlandaskan syariah, kerenanya progres besar ini diharapkan menjadi contoh bagi bank konvensional lainnya di Aceh untuk dapat menyegerakan migrasi sistem ke syariah.

Ia berharap dengan bermigrasinya BNI ke sistem syariah, kebijakan tentang Lembaga Ekonomi Syariah (LKS) semakin mendapat dukungan luas dari semua pihak dan kalangan, sehingga semua lembaga keuangan yang bergerak di Aceh siap menerapkan sistem ekonomi syariah dalam menjalankan usahanya.

Baca juga :   AQL Peduli Siap Berangkatkan Kapal Bantuan untuk Korban Gempa Halmahera

Sementara Direktur Keuangan Bank BNI, Ario Bimo mengatakan sebagai bentuk keseriusan peralihan sistem keuangan syariah, pada tahun 2020 nanti BNI konvensional yang ada di Aceh akan mengambil langkah untuk migrasi seluruh Dana Pihak Ketiga (DPK) dan kredit BNI konvensional menjadi BNI syariah.

BNI juga akan menutup 29 cabang Bank BNI konvensional yang ada di Aceh dan mengalihkannya menjadi bank BNI syariah.

“Kita juga sudah siapkan 291 karyawan untuk di tempatkan di bank syariah, yang sebelumnya sudah diberi pemahaman dan pelatihan terkait lembaga keuangan syariah,” kata Ario.

Ario juga mengungkapkan dalam paparannya bahwa di tahun 2021 seluruh Bank BNI yang berada di Aceh akan sepenuhnya beralih ke syariah baik dari segi keuangan dan sumber daya manusianya. (Hasbi/ant)