Beranda Berita Ketua Umum Wahdah Islamiyah Minta Kader Perhatikan Keharmonisan Keluarga

Ketua Umum Wahdah Islamiyah Minta Kader Perhatikan Keharmonisan Keluarga

BERBAGI

Makassar, Ahad.co.id- Kepada seluruh kader di dalam forum Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) XII, yang berlangsung di Asrama Haji Sudiang, Kota Makassar, Ketua Umum DPP Wahdah Islamiyah, DR KH Muhammad Zaitun Rasmin, mengingatkan tentang pentingnya memadukan aktivitas dakwah dan tetap menjaga keharmonisan keluarga.

“Dingin dan kerasnya tantangan di luar, tidak boleh mengurangi sedikit pun hangatnya cinta kasih di rumah-rumah kita,” ujarnya saat menyampaikan pengantar Kajian Spesial Parenting, Ahad (15/21/2019), sore kemarin.

Ustadz Zaitun—sapaan akrabnya—menyampaikan tiga fungsi rumah bagi para kader dakwah, yakni ma’wa, madrasah dan markaz perjuangan.

Wakil Sekretaris Jenderal MUI Pusat itu menjelaskan, ma’wa berarti tempat berlabuh.

“Tempat kita kembali pulang, sebenar-benarnya pulang. Tempat di sana ada orang-orang yang kita rindukan, dan mereka pun merindukan kehadiran kita,” terang Ustadz Zaitun.

Baca juga :   Kota Bogor Siap Buat Kantin Sekolah Bersertifikasi Halal

Adapun madrasah, ketua Ikatan Ulama dan Da’i- se-Asia Tenggara itu melanjutkan, adalah madrasatul ula’ atau rumah pertama bagi anak-anak kaum Muslim sebelum menyerahkan ke sekolah atau pesantren untuk mereka didik.

Sedangkan markaz sendiri, kata Ustadz Zaitun, adalah rumah sebagai tempat menanamkan ruh dan semangat perjuangan, sehingga rumah menjadi senyaman Surga, tempat surut sejenak dari riuhnya dunia.

“Namun baiti jannati (rumah ku Surga ku) tidak berarti menghilangkan ruh perjuangan. Rumah adalah barak-barak tempat kita menginduksi semangat kepada generasi penerus perjuangan,” jelasnya.