Beranda Berita Sandiaga Uno: Revolusi Industri 4.0 Bawa Berkah Buat Pengusaha

Sandiaga Uno: Revolusi Industri 4.0 Bawa Berkah Buat Pengusaha

BERBAGI

“Para start up kaum milineal ini, meski usaha masih tergolong UMKM namun omsetnya sudah milyaran karena memanfaatkan teknologi 4.0 seperti automation (teknologi digital marketing),” ungkap Sandi.

Kepada para peserta Mentoring Busines Usaha yang kebanyakan dari Keluarga Besar PII, ini Sandi menjelaskan bahwa saat ini pertumbuhan industri Indonesia turun atau mengarah kepada deindustrialisasi dengan angka di bawah 20 % dari PDB.

Jika kita tidak menerapkan teknologi 4.0 kita akan kehilangan, 23 Juta lapangan kerja. Namun bisa kita menerapkan 4.0 maka kita akan mendapatkan 27-46 juta lapangan kerja baru.

“Jadi, 4.0 bisa membantu pemerintah untuk menciptakan lapangan kerja baru,” paparnya.

Pola-pola bisnis memang banyak berubah di era Revolusi 4.O. Sandi mencontohkan, dulu yang mahal itu belanja iklan, kini belanja iklan bisa ditekan dengan memanfaatkan digital marketing.

Baca juga :   Imam Masjidil Haram Syaikh As Sudais Serukan Persatuan Umat Islam

Dulu  orang beli produk karena kekuatan iklan, kini orang pakai produk karena adanya testiomini dari para influencer. Karena itu, manfaatkan  testimonial dari para tokoh agar produk anda bisa dibeli konsumen.

Sandi meyakinkan para peserta, bahwa ke depan yang banyak akan tumbuh ialah usaha-usaha UKM. Investasi yang tumbuh akan banyak yang investasi kecil-kecil, yaitu di bawah Rp. 50 ribu dolar.

“Penelitian saya mencatan potensi UKM ini sebesara 41 % angkanya,” ujar Sandi.

Karena itu, sekali lagi ditekankan agar terus melakukan improvisasi teknologi,  tingkatkan terus SDM, terus berinovasi dengan pasar yang terus berubah cepat, perbanyak silarutahmi.