Beranda Berita 100 NGO Kumpul di Istanbul Bahas Solusi Krisis Kemanusiaan

100 NGO Kumpul di Istanbul Bahas Solusi Krisis Kemanusiaan

BERBAGI

Istanbul, Ahad.co.id-  Sebanyak 550 peserta, 100 NGO (Non-Government Organization), dari 40 negara hadir dalam pertemuan Second Family Life Forum, Stories Narrated 2019, pada Jumat-Sabtu (18-19/10), di Istanbul Turki.

Forum ini digelar untuk menyelesaikan krisis kemanusiaan di wilayah konflik yang mayoritas adalah negara Muslim.

Indonesia diwakili oleh KNRP (Komite Nasional Rakyat Palestina), Adara, dan SMART 171 (Solidarity of Muslim for Al-Quds Retaken), dan Laznas Dewan Dakwah Islamiyah.

Selanjutnya, peserta konferensi sepakat untuk menjalankan program trauma healing bagi perempuan penyintas, edukasi literasi bagi ibu dan anak, pemberdayaan ekonomi para ibu, dll.

Pada malam Penggalangan Dana (18/10), terkumpul total komitmen donasi senilai 8,7 juta dolar, atau berkisar Rp121,8 Miliar.

Selain itu, Founder of the Syrian Association of Detainees, Mona Baraker, di salah satu seminar konferensi meminta seluruh peserta untuk menyebarkan informasi di media sosial.

Baca juga :   MUI Keberatan Kepercayaan Masuk Kolom Agama di KTP

“Sebarkan informasi ini di media sosial, buat sebanyak mungkin orang tahu dan mau bergerak,” paparnya.

Sementara itu, perwakilan dari Indonesia, SMART 171, Maimon Herawati mengatakan pihaknya ikut ambil bagian dalam pertemuan ini karena tanggung jawab moral sebagai seorang muslim.

“Ini salah bentuk tanggung jawab kita sebagai seorang muslim. Muslim ibarat satu tubuh, saat satu anggota tubuh sakit, semua turut merasakannya,” kata dia.

SMART 171 sendiri berkomitmen menggalang dana 100 juta dalam kampanye ini.

Daniel Amrullah