Beranda Ekonomi Perjuangan AQL Peduli Membawa Bantuan Logistik ke Desa Gane Luar

Perjuangan AQL Peduli Membawa Bantuan Logistik ke Desa Gane Luar

BERBAGI

Bacan, Ahad.co.id- Desa Gane luar merupakan salah satu dari 15 desa yang paling parah terdampak gempa di Kab. Halmahera Selatan, Prov. Maluku Utara, sejak Juli 2019.

Kondisi desa Gane luar bertambah parah karena situasi geografis yang sulit dilalui saat ingin memberikan bantuan dan tanggap bencana.

Kendati demikian, tidak memadamkan tekad AQL Peduli mendampingi para penyintas gempa di sana. Koordinator Tim Lokal AQL Peduli, Ustaz Sufri menjelaskan beberapa kendala yang dihadapi tim bantuan, diantaranya adalah akses jalan menuju desa Gane Luar serta tiga lokasi tenda pengungsian.

“Desa Gane luar terisolasi, hanya bisa dilalui dari laut menggunakan kapal, sementara bila memaksa dari darat melalui Halmahera tengah, hanya bisa melewati jalan setapak menggunakan sepeda motor. Ada juga dengan kendaraan spesifikasi khusus harus melalui perkebunan sawit yang jalannya tidak normal,” kata Ustaz Sufri di Pulau Bacan, Jumat (18/10).

Baca juga :   PWNU Bali: Kami Dampingi Ustaz Abdul Somad Sejak dari Bandara

Kondisi geografis yang berat tersebut, salah satu penyebab NGO dan lembaga lain enggan atau sulit masuk ke Gane Luar. Walaupun, lanjut Sufri, di awal-awal masa tanggap bencana sejumlah lembaga masih menyempatkan diri memberi bantuan ke Gane Luar.

“Awal-awal memang beberapa lembaga sempat menyalurkan bantuan ke Gane Luar, tapi bisa dipahami kondisi akses jalan yang sulit mengurangi kemampuan mereka ke Gane Luar,” ucapnya.