Beranda Headline Tiga Keutamaan dan Pahala Bagi Orang yang Belajar Membaca Al Quran

Tiga Keutamaan dan Pahala Bagi Orang yang Belajar Membaca Al Quran

BERBAGI

Jika direnungi lebih dalam, sungguh hadits ini mengandung keutamaan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak, orang-orang yang berkumpul untuk belajar dan mengajarkan Al-Quran dalam suatu majelis oleh Allah SWT diberi keutaman dengan rahmat dan naungan malaikat. Tidak berhenti di situ, mereka juga dibangga-banggakan di hadapan penduduk langit. Subhanallah.

3. Memperoleh Derajat yang Tinggi

Dalam kitab shahihnya Imam Bukhari meriwayatkan: “Orang yang ahli dalam membaca Al-Quran akan bersama dengan para malaikat pencatat yang mulia lagi taat. Sedangkan orang yang terbata-bata ketika membaca Al-Quran dan dia bersusah payah mempelajarinya, maka baginya dua pahala.”

Kalau boleh meminjam istilah dalam dunia bisnis, ini adalah bisnis yang tidak ada ruginya. Coba perhatikan, orang yang mahir dalam membaca Al-Quran, Allah SWT sandingkan dengan para malaikat nan mulia, dan orang yang terbata-bata dalam membacanya tetap Allah SWT ganjar dengan dua pahala. Pahala ini dihitung per huruf loh, bisa dibayangkan keuntungan yang didapat oleh orang yang mau mempelajari Al-Quran.

Baca juga :   Hadir di Sidang Buni Yani, Yusril Jadi Saksi Ahli

Dengan mengetahui tiga keutamaan ini saja, sudah sepatutnya kita meluangkan waktu yang Allah SWT berikan untuk belajar membaca Al-Quran. Kalau sudah lancar, maka tidak ada salahnya mengajarkan ilmu yang kita tahu kepada orang lain. Sehingga tidak hanya puas pada bisa membaca, tetapi juga mengajarkan orang lain membaca Al-Quran.