Beranda Headline Tiga Keutamaan dan Pahala Bagi Orang yang Belajar Membaca Al Quran

Tiga Keutamaan dan Pahala Bagi Orang yang Belajar Membaca Al Quran

BERBAGI

Ahad.co.id- Untuk sebagian orang, membaca Al-Quran bukan perkara mudah, karena masih harus mengeja dan terbata-bata. Belum lagi persoalan sempitnya waktu, yang seringkali membuat niat belar membaca Al-Quran harus tertunda lagi.

Buat kamu yang berniat atau sedang belajar membaca Al-Quran, jangan patah semangat! Karena berbagai keutamaan dari Allah sedang menantimu loh!

Supaya kamu semakin bersemangat belajarnya, berikut Ahad.co.id rangkumkan tiga keuntungan utama orang yang belajar membaca Al-Quran

1. Menjadi Sebaik-baik Manusia

Hadits yang berkaitan dengan keutamaan ini sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat, hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari Utsman bin Affan Radiyallaahu a’nhu, yang artinya: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Quran dan yang mengajarkanya.”

Keutamaan apa lagi yang bisa melebihi menjadi sebaik-baik manusia yang disebutkan Rasulullah ini? Rasanya enggak ada deh. Karena itu kita harus sekuat tenaga belajar Al-Quran dan mengajarkannya, atau paling tidak melakukan salah satu dari kedua hal tersebut.

Baca juga :   Senator AS Ini Tegaskan Muslim Berperan Bagi Kemajuan Amerika

Insya Allah setiap huruf yang kita belajar dan ajarkan, menjadi amal jariyah.

2. Mendapatkan Ketentraman, Rahmat dan Naungan dari Malaikat

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di suatu masjid daripada masjid-masjid Allah, sedangkan mereka membaca Al-Quran dan mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenteraman, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan makhluk yang ada disisi-Nya.”