Beranda Headline Tiga Keutamaan dan Pahala Bagi Orang yang Belajar Membaca Al Quran

Tiga Keutamaan dan Pahala Bagi Orang yang Belajar Membaca Al Quran

BERBAGI

Ahad.co.id- Untuk sebagian orang, membaca Al-Quran bukan perkara mudah, karena masih harus mengeja dan terbata-bata. Belum lagi persoalan sempitnya waktu, yang seringkali membuat niat belar membaca Al-Quran harus tertunda lagi.

Buat kamu yang berniat atau sedang belajar membaca Al-Quran, jangan patah semangat! Karena berbagai keutamaan dari Allah sedang menantimu loh!

Supaya kamu semakin bersemangat belajarnya, berikut Ahad.co.id rangkumkan tiga keuntungan utama orang yang belajar membaca Al-Quran

1. Menjadi Sebaik-baik Manusia

Hadits yang berkaitan dengan keutamaan ini sudah sangat familiar di tengah-tengah masyarakat, hadits ini diriwayatkan oleh Imam Bukhari, dari Utsman bin Affan Radiyallaahu a’nhu, yang artinya: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar Al-Quran dan yang mengajarkanya.”

Keutamaan apa lagi yang bisa melebihi menjadi sebaik-baik manusia yang disebutkan Rasulullah ini? Rasanya enggak ada deh. Karena itu kita harus sekuat tenaga belajar Al-Quran dan mengajarkannya, atau paling tidak melakukan salah satu dari kedua hal tersebut.

Insya Allah setiap huruf yang kita belajar dan ajarkan, menjadi amal jariyah.

2. Mendapatkan Ketentraman, Rahmat dan Naungan dari Malaikat

Hadits ini diriwayatkan oleh Imam Muslim dalam kitab shahihnya, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di suatu masjid daripada masjid-masjid Allah, sedangkan mereka membaca Al-Quran dan mempelajarinya kecuali akan turun kepada mereka ketenteraman, mereka diliputi dengan rahmat, malaikat mengelilingi mereka dan Allah menyebut-nyebut mereka dihadapan makhluk yang ada disisi-Nya.”

Jika direnungi lebih dalam, sungguh hadits ini mengandung keutamaan yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Bagaimana tidak, orang-orang yang berkumpul untuk belajar dan mengajarkan Al-Quran dalam suatu majelis oleh Allah SWT diberi keutaman dengan rahmat dan naungan malaikat. Tidak berhenti di situ, mereka juga dibangga-banggakan di hadapan penduduk langit. Subhanallah.

3. Memperoleh Derajat yang Tinggi

Baca juga :   Mabes Polri Akan Keluarkan SP3 Kasus Lain Habib Rizieq?

Dalam kitab shahihnya Imam Bukhari meriwayatkan: “Orang yang ahli dalam membaca Al-Quran akan bersama dengan para malaikat pencatat yang mulia lagi taat. Sedangkan orang yang terbata-bata ketika membaca Al-Quran dan dia bersusah payah mempelajarinya, maka baginya dua pahala.”

Kalau boleh meminjam istilah dalam dunia bisnis, ini adalah bisnis yang tidak ada ruginya. Coba perhatikan, orang yang mahir dalam membaca Al-Quran, Allah SWT sandingkan dengan para malaikat nan mulia, dan orang yang terbata-bata dalam membacanya tetap Allah SWT ganjar dengan dua pahala. Pahala ini dihitung per huruf loh, bisa dibayangkan keuntungan yang didapat oleh orang yang mau mempelajari Al-Quran.

Dengan mengetahui tiga keutamaan ini saja, sudah sepatutnya kita meluangkan waktu yang Allah SWT berikan untuk belajar membaca Al-Quran. Kalau sudah lancar, maka tidak ada salahnya mengajarkan ilmu yang kita tahu kepada orang lain. Sehingga tidak hanya puas pada bisa membaca, tetapi juga mengajarkan orang lain membaca Al-Quran.

Hasbi Syauqi