Beranda Headline Islam Ajarkan Persatuan, Bukan Separatisme

Islam Ajarkan Persatuan, Bukan Separatisme

BERBAGI

Oleh: HAF Al Batawiy

Ahad.co.id- Dalam sejarah perjalanan Dakwah yang dilalui oleh Rasulullah saw selama kurun waktu 23 tahun, beliau berhasil menegakkan masyarakat yang Islami di Madinah.

Di Madinah semua orang hidup dengan aman dan tenteram, bukan hanya orang islam tapi juga non muslim yang tinggal disana. Kesuksesan ini bisa diraih pastinya dengan pertolongan Allah SWT, bermula dari dikirimnya duta dakwah islam pertama ke Yatsrib sebelum berubah menjadi Madinah yaitu seorang pemuda tampan , tangguh, sabar dan pintar yaitu Mus’ab bin Umair radhiyallahu ‘anhu. Mus’ab bin Umair ra yang bertangan dingin berdakwah ditanah Yatsrib dengan penuh kesabaran hingga terjadi perubahan keyakinan dari jahiliyah berubah total menjadi Islam. Penduduk Yatsrib sebelum kedatangan Islam sering terlibat tawuran, perang antara suku dan konflik horisontal yang berkepanjangan. Ketika Islam datang dan mereka memeluk islam kondisi itu berubah, mereka hidup dengan penuh persahabatan dan saling tolong – menolong.

Baca juga :   Milad ke-55, Usamah Hisyam Rilis Buku Antropologi Dakwah

Firman Alloh SWT

وَاعْتَصِمُوْا بِحَبْلِ اللّٰهِ جَمِيْعًا وَّلَا تَفَرَّقُوْا ۖ وَاذْكُرُوْا نِعْمَتَ اللّٰهِ عَلَيْكُمْ اِذْ كُنْتُمْ اَعْدَآءً فَاَ لَّفَ بَيْنَ قُلُوْبِكُمْ فَاَصْبَحْتُمْ بِنِعْمَتِهٖۤ اِخْوَا نًا ۚ وَكُنْتُمْ عَلٰى شَفَا حُفْرَةٍ مِّنَ النَّارِ فَاَ نْقَذَكُمْ مِّنْهَا ۗ كَذٰلِكَ يُبَيِّنُ اللّٰهُ لَـكُمْ اٰيٰتِهٖ لَعَلَّكُمْ تَهْتَدُوْنَ

“Dan berpegang teguhlah kamu semuanya pada tali (agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai-berai, dan ingatlah nikmat Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliah) bermusuhan, lalu Allah mempersatukan hatimu, sehingga dengan karunia-Nya kamu menjadi bersaudara, sedangkan (ketika itu) kamu berada di tepi jurang neraka, lalu Allah menyelamatkan kamu dari sana. Demikianlah, Allah menerangkan ayat-ayat-Nya kepadamu agar kamu mendapat petunjuk.” (QS. Ali ‘Imran 3: Ayat 103)