Beranda Headline Lima Cara Mudah Belajar Membaca Alquran

Lima Cara Mudah Belajar Membaca Alquran

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Gelombang hijrah rupanya kian marak. Kini anak-anak muda di banyak kota besar mulai banyak yang kembali belajar agama dan hidup dengan tuntunan agama. Tak aneh jika kemudian, kajian keislaman makin membludak pesertanya.

Sebagian dari para pemuda hijrah ini, belum lancar membaca Al-Quran, tapi mereka sangat bersemangat untuk mempelajarinya kendati harus mengeja dari huruf-huruf hijaiyah.

Hal itu terjadi karena mereka paham keutamaan orang yang membaca Al-Qur’an sangat banyak. Rasullah SAW bahkan bersabda, “Orang terbaik dari kamu ialah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR al-Bukhari).

Idealnya, belajar membaca Al-Qur’an sebaiknya dimulai dari usia dini. Karenanya, sangat disarankan bagi para orang tua untuk mulai mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anaknya sedini mungkin.

Tapi faktanya, banyak orang yang telah dewasa juga masih belum dapat membaca Al-Qur’an. Alasannya pun beragam, salah satu di antaranya adalah kurang punya waktu karena sudah terlanjur sibuk.

Namun belajar tentunya tidak mengenal batas usia. Kamu yang sudah menginjak usia dewasa pun tidak ada salahnya jika ingin belajar membaca Al-Qur’an. Lebih baik telat daripada tidak sama sekali kan?

Berikut tips belajar membaca Al-Qur’an yang mudah dilakukan orang dewasa.

1. Cari ustaz atau ustazah untuk membimbing dan mendampingi dalam proses belajar kamu. Keberadaan Ustaz atau ustazah akan sangat membantu Anda untuk belajar membaca Al-Qur’an secara terbimbing.

2. Pilih ustaz atau ustazah yang kamu sukai. Misalnya sifatnya yang sabar, halus tuturnya, dan sebagainya. Dengan bimbingan ustaz atau ustazah yang kamy sukai akan membantu diri kamu untuk senantiasa belajar membaca Al-Qur’an secara terbuka.

3. Jika kesulitan untuk mencari guru pendamping. Kamu dapat menggunakan metode pembelajaran Al-Qur’an dari sumber yang terpercaya. Dengan model pembacaan ini kamu dapat mencontoh cara pembacaan Al-Qur’an yang baik dan benar.

Baca juga :   Kiai Abdul Rasyid: Ijtima' Ulama Upaya Mempersatukan Umat

4. Pada awal-awal belajar pilih dari surat-surat pendek terlebih dahulu. Jika sudah mulai lancar membaca surat pendek, barulah mulai mencoba dengan surat yang panjang.

5. Perbanyak latihan, hal yang paling penting adalah memperbanyak latihan membaca alquran. Berlatih membaca sampai lancar, hingga tajwidnya benar. Mengulang-ulang bacaan di sela-sela waktu luang. Ini akan lebih meningkatkan kemampuan membaca kamu.

Belajar Al-Qur’an Kini Bisa Lewat Online

Seperti yang disebutkan sebelumnya, salah satu alasan yang kerap disebutkan orang hingga enggan belajar Al-Qur’an adalah tidak adanya waktu senggang atau sudah terlanjur sibuk dengan rutinitas sehari-hari.

Namun kini hal itu bukan alasan, dengan pemanfaatan teknologi informasi mengenai pelajaran membaca Al-Qur’an. Apalagi saat ini banyak sekali situs atau web di internet yang memberikan layanan untuk belajar membaca Al-Qur’an. Salah satunya yaitu bisaquran.com.

Bisaquran.com menghadirkan sarana full digital berupa kelas online berbasis aplikasi instant messaging, atau menggunakan website khusus sebagai Learning Management System (LMS), dan ada pula yang menggunakan sistem hybrid yakni menggabungkan materi klasik berupa buku dan video pembelajaran.

Tidak hanya belajar membaca Al-Qur’an yang bisa lewat online, belajar tafsir atau tingkat yang lebih tinggi pun bisa. Seperti yang ditawarkan oleh tafsirweb.com, yang memberikan akses untuk mempelajari tafsir al-Qur’an dengan beragam versinya. Di antaranya yakni, Tafsir Kementrian Agama Republik Indonesia, Tafsir Kementrian Agama Saudi Arabia, dan lain sebagainya. Semuanya tersedia gratis untuk dibaca.

Dudy S.Takdir