Beranda Headline Lima Cara Mudah Belajar Membaca Alquran

Lima Cara Mudah Belajar Membaca Alquran

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id- Gelombang hijrah rupanya kian marak. Kini anak-anak muda di banyak kota besar mulai banyak yang kembali belajar agama dan hidup dengan tuntunan agama. Tak aneh jika kemudian, kajian keislaman makin membludak pesertanya.

Sebagian dari para pemuda hijrah ini, belum lancar membaca Al-Quran, tapi mereka sangat bersemangat untuk mempelajarinya kendati harus mengeja dari huruf-huruf hijaiyah.

Hal itu terjadi karena mereka paham keutamaan orang yang membaca Al-Qur’an sangat banyak. Rasullah SAW bahkan bersabda, “Orang terbaik dari kamu ialah orang yang mempelajari Al-Qur’an dan mengajarkannya”. (HR al-Bukhari).

Idealnya, belajar membaca Al-Qur’an sebaiknya dimulai dari usia dini. Karenanya, sangat disarankan bagi para orang tua untuk mulai mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anaknya sedini mungkin.

Baca juga :   Jamkes Watch: BPJS Kesehatan Perlu Perbanyak Layanan ICU

Tapi faktanya, banyak orang yang telah dewasa juga masih belum dapat membaca Al-Qur’an. Alasannya pun beragam, salah satu di antaranya adalah kurang punya waktu karena sudah terlanjur sibuk.

Namun belajar tentunya tidak mengenal batas usia. Kamu yang sudah menginjak usia dewasa pun tidak ada salahnya jika ingin belajar membaca Al-Qur’an. Lebih baik telat daripada tidak sama sekali kan?

Berikut tips belajar membaca Al-Qur’an yang mudah dilakukan orang dewasa.

1. Cari ustaz atau ustazah untuk membimbing dan mendampingi dalam proses belajar kamu. Keberadaan Ustaz atau ustazah akan sangat membantu Anda untuk belajar membaca Al-Qur’an secara terbimbing.