Beranda Ekonomi Dukung Petani Kopi Aceh, WMI Akan Pasarkan Kopi OriGayo

Dukung Petani Kopi Aceh, WMI Akan Pasarkan Kopi OriGayo

BERBAGI

Jakarta, Ahad.co.id – Para pecinta kopi dunia khususnya Indonesia saat ini pasti mengenal jenis kopi Gayo. Sebuah tempat yang terletak pada propinsi ujung barat Indonesia. Daerah Gayo yang merupakan dataran tinggi berjarak 8 jam dari kota Medan atau 9 jam dari kota Banda Aceh pusat pemerintahan propinsi Aceh. Kopi Gayo dengan kualitas rasa yang sudah terkenal dikalangan para pecinta kopi membuat kopi ini sangat laku dipasaran.

Wahana Muda Indonesia sebagai salah satu lembaga sosial yang peduli terhadap pengembangan UMKM dan produk lokal anak negeri melihat ini sebagai sebuah peluang agro industri nusantara. WMI yang memiliki binaan beberapa kelompok tani kopi di kabupaten Gayo Lues mencoba melakukan fasilitasi dan pendampingan kepada mereka dalam bentuk akses pasar dan branding kopi Gayo. Yaser Alam perwakilan pemda Gayo Lues di Jakarta menceritakan perkembangan pengolahan kopi Gayo berkualitas oleh para petani.

Baca juga :   Gandeng Ma'had Utsman, Al Quds Amanti Gelar Dauroh Pembebasan Palestina

“Saat ini petani di Gayo sudah memahami, bagaimana pengolahan kopi mulai dari penanaman, panen dan pengolahan pasca panen sehingga menghasilkan biji kopi bercita rasa tinggi,” ujarnya.

WMI bersama dengan jejaringnya akan membantu branding dan penjualan dalam bentuk kemasan siap saji untuk berbagai jenis rasa seperti premium, longberry, peaberrry, sanger, luwak, XO, wine dan green leuser. Kemasan siap saji ini ada yang disajikan dalam model penyajian drip atau bubuk siap seduh.